PKK Jakpus Panen Padi Ciherang di JP Farm

Ketua TP PKK Jakpus, Shintya Ayuningrum memanen padi di JP Farm, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (10/6). Foto: As

Jakarta Pusat, -- Tim Pengerak (TP) Pembinaan Kesejahtraan Keluarga (PKK) Jakarta Pusat bersama Suku Dinas Kelautan, Perikanan, dan Ketahan Pangan (KPKP) Jakarta Pusat memanen padi di JP Farm, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (10/6).

Ketua TP PKK Jakpus, Shintya Ayuningrum mengatakan, panen padi di JP Farm ini menjadi bukti keberhasilan pertanian di ruang terbatas yang dimiliki Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Adm Jakpus). 

“Padi-padi yang dihasilkan ini memiliki kualitas dan masa tanam yang jauh lebih singkat dibanding padi lainnya,” katanya.

Ke depan, lanjut Shintya, kegiatan seperti ini akan dikembangkan lagi di area lain tidak hanya di JP Farm. “Kita ingin menginformasikan ke warga bahwa di ruang sempit pun bisa ditanami padi,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Pusat, Suharini Eliawati menerangkan, jenis padi yang dipanen di JP Farm ini merupakan padi dengan varietas ciherang di mana masa tanamnya hanya tiga bulan. 

Menurutnya, varietas ciherang ini dipilih karena sesuai dengan kondisi DKI Jakarta yang minim lahan dan pengairan yang terbatas.

 “Padi ini ditanam pada bulan Februari, tiga bulan setelahnya sudah panen. Penanaman padi ini tentunya berhasil karena dilakukan di lahan terbatas dengan pengairan yang terbatas juga,” jelasnya.

Untuk diketahui, padi ciherang merupakan jenis padi hasil dari persilangan antara varietas unggul padi lokal yang bertujuan menghasilkan varietas padi unggulan. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait