Pasar Baru Bisa Jadi Destinasi Wisata Menarik

Pasar Baru. Foto: As

Jakarta Pusat, -- Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) Bayu Meghantara mengatakan program pengembangan kawasan Pasar Baru tahun 2022 mendatang dapat menjadikannya sebagai destinasi wisata menarik.

Hal ini diungkapkannya saat membuka Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Kawasan Destinasi Urban Pasar Baru, Selasa (22/9).

Bayu mengatakan, apabila dieksekusi dengan tepat kawasan  Pasar Baru yang sempat berjaya di masanya dapat menjadi destinasi wisata menarik. Apalagi kawasan Pasar Baru dikelilingi bagunan-bagunan yang memiliki nilai historis.

Selain itu, lanjutnya, keberadaan Pasar Baru juga strategis karena berdekatan dengan Lapangan Banteng, Harmoni, dan Juanda.

"Kawasan ini masih memiliki banyak potensi yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Karena itulah kegiatan FGD ini menjadi langkah awal dalam program pengembangan kawasan pasar baru kedepannya," katanya.

Selain itu, Bayu juga mengungkapkan, pengembangan kawasan Pasar Baru ini tidak hanya menjadi fokus Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, dan Pemerintah Kota Administrasi Jakpus. Namun, juga melibatkan masyarakat untuk ikut berkontribusi menyumbangkan saran dan gagasan.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemasaran dan Atraksi Sudin Parekraf Jakpus, Sherly mengatakan, ada beberapa masukan yang dirangkum pihaknya selama pelaksanaan FGD pengembangan Pasar Baru ini di antaranya, Pasar Baru diharapkan menjadi kawasan heritage tourism, perbaikan fasilitas umum seperti tersedianya kantung parkir, pedestrian, dan penyelengaraan event rutin untuk menarik kunjungan wisata.

Selain itu, tambahnya, pemetaan kawasan untuk para pedagang berlatar belakang India, Tionghoa, dan Kolonial, serta pemberian bantuan bagi pemilik bagunan cagar budaya untuk pemugaran.

"Itu beberapa masukan dirangkum dari FGD yang  diikuti Dinas Parekraf DKI Jakarta, Pemkot Administrasi Jakpus, Asosiasi Pedagang Pasar Baru, pelaku usaha, dan komunitas. Diharapkan masukan ini menjadi bahan bagi Pemkot Jakpus dalam melakukan pengembangan kawasan Pasar Baru," terangnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait