Pasca Banjir, Kerja Bakti Pembersihan Wilayah Johar Baru Dilaksanakan

Apel persiapan kerja bakti di Kecamatan Johar Baru. Foto: Chr

Jakarta Pusat, -- Pasca-banjir yang menggenangi 33 Rukun Warga (RW) se-Kecamatan Johar Baru, pembersihan wilayah dengan kerja bakti dilakukan dan monitoring wilayah. 

Camat Johar Baru Nurhelmi Savitri mengatakan bahwa di wilayahnya ada empat kelurahan yang terkena dampak banjir pada Selasa (25/2). Seperti di Kelurahan Kampung Rawa, Galur, Tanah Tinggi, dan Johar Baru.

"Kemarin itu ada enam titik penampungan, 10 dapur umum yang dibuat oleh warga dan dibantu Tingkat Kota, kecamatan, dan kelurahan," terang Nurhelmi.

Menurutnya, ketika hujan deras yang mengguyur, petugas PPSU, Satgas SDA, Bina Marga sudah langsung bergerak untuk mengecek saluran, tali air. Namun, debit hujan cukup deras sehingga pemukiman turut terendam hingga sedada orang dewasa.

"Kalau di sini banjir cepat surut. Warga yang mengungsi juga tidak lama karena airnya cepat surut," terangnya. 

Dalam hal ini, lanjutnya, jajaran kecamatan, kelurahan, UKPD lainnya langsung kerja bakti saat ini. Seperti di RW 01 Kelurahan Tanah Tinggi dan wilayah lainnya turut kerja bakti.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Lingkungan Hidup Kecamatan Johar Baru Maksum Saragih mengatakan bahwa jajaranya mengerahkan 23 kendaraan mulai dari truk besar, sedang, dan kendaraan kecil.  

"Total sampah yang terangkut kurang lebih mencapai 128 kubik sampah. Ada kasur, lemari, dan sampah hasil terjangan banjir," tutupnya. (As)

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait