Pedagang Pasar Atom Jalani Tes Swab dan Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular

Pedagang Pertokoan Pasar Atom di tes swab. Foto: Day

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 226 pedagang dan Pengelola Pertokoan Pasar Atom menjalani pemeriksaan tes swab dan pemeriksaan penyakit tidak menular yang digelar oleh Puskesmas Sawah Besar dan Kelurahan Pasar Baru, di lantai VI Pasar Baru Metro Atom, Kelurahan Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Lurah Pasar Baru, Arby Novianto mengatakan, pihaknya bersama Pusksesmas Kecamatan Sawah Besar telah melakukan tes swab bagi pedagang dan pengelola toko Pasar Atom.

Pelaksanaan itu sendiri berlangsung dua hari yaitu tanggal 17 sampai 18 Juni 2020.

Arby menyatakan, pemeriksaan hari pertama yaitu tanggal 17 Juni 2020 dengan sasaran pedagang tradisional dan pengelola toko lantai 1, ada 108 orang yang mengikuti tes swab.

"Sedangkan hari kedua yakni tanggal 18 Juni 2020 sasarannya yaitu pedagang dan pengelola toko lantai 2, hasilnya ada 118 orang yang mengikuti tes swab. Jadi total seluruhnya yang menjalani tes swab sebanyak 226 orang," ungkap Arby saat dikonfirmasi, Jumat (19/6).

Ia menjelaskan, pelaksanaan tes swab dimulai dari pukul 08.00-12.00 WIB guna memutus mata rantai penyebaran virus corona atau Covid-19 khusus dikalangan para pedagang dan pengelola toko Pasar Baru Metro Atom, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Dalam kegiatan ini, Kelurahan Pasar Baru dibantu 25 tenaga medis dari Puskesmas Kecamatan Sawah Besar.

Selain tes swab, lanjutnya, para pedagang juga diperiksa penyakit tidak menular seperti periksa tensi, gula darah, dan kolesterol.

Ia juga minta warga masyarakat Pasar Baru untuk tetap mentaati peraturan pemerintah dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan cara mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, selalu menggunakan masker dan menjaga jarak minimal satu meter.

“Harus selalu menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun dan jaga jarak agar terhindar dari penyebaran virus Corona," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait