Pedagang Pasar Sumur Batu Ikut Tes Covid-19

Pedagang Pasar Sumur Batu Ikut tes Covid-19. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Para pedagang di Pasar Sumur Batu Kemayoran memilih untuk menutup kiosnya usai mengetahui adanya kunjungan dadakan dari Puskesmas Kemayoran yang bertugas melakukan tes Covid-19 massal.

"Kita memang datangnya dadakan niatnya agar semuanya bisa ikut pengetesan, tapi ternyata kita sampai hanya sedikit toko yang buka. Para pedagang memilih tutup," kata Kepala Puskesmas Kemayoran Buana pada saat ditemui di lokasi, Selasa (7/7).

Menurut Buana, terkait sosialisasi pelaksanaan tes Covid-19 pihaknya sudah sering melakukan hal serupa di pasar-pasar di kawasan Kemayoran dan mendapat sambutan positif dari para pedagang.

"Sosialisasi pelaksanaan tes Covid-19 kan sudah dari dulu. Informasi dari pengetesan pasar-pasar sebelumnya pasti sudah tersebar. Namun ternyata informasi salah tetap tersebar sehingga bikin pedagang di sini takut," kata Buana.

Hingga pukul 11.00 WIB berdasarkan daftar hadir, baru sekitar 30 pedagang dari total 156 pedagang yang mengikuti pengetesan.

Posko pengetesan Covid-19 massal pun nampak lenggang meski petugas yang disiapkan cukup banyak untuk melayani para pedagang.

Sementara itu, Kepala Pasar Sumur Batu, Waluyo mengatakan, saat ini pihaknya sedang berusaha menjemput para pedagang pasar yang menutup kiosnya yang berdomisili di sekitar pasar.

"Ini kita coba jemput-jemputin agar ikut tes Covid-19. Kita kan harapannya biar semua ikut tes, sehingga bisa memastikan pasar kita bebas Covid-19," kata Waluyo.

Waluyo menambahkan, nantinya jika masih ada pedagang yang tidak mengikuti tes Covid-19 pada hari ini, maka pihaknya akan melakukan pendataan untuk menjadwalkan ulang pengetesan.

"Untuk pedagang yang gak mengikuti tes hari ini. Saran dari Bapak Camat, hari ini kita pendataan, lalu besok akan kita bawa ke Puskesmas Kecamatan sehingga memastikan ikut dites," kata Waluyo. (As)

 

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait