Pemkot Jakpus Akan Buat Kolam Olakan di Tanah Abang

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat meninjau tempat pembuatan kolam Olakan. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat rencananya akan memanfaatkan lahan aset milik Pemerintah Daerah (Pemda) DKI Jakarta untuk dibuat kolam olakan atau retensi guna menanggulangi genangan di wilayah RW 09 dan RW 011 Kelurahan Karet Tengsin dan di Taman BMW RW 03 Kelurahan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Asisten Perekonomi dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, hari ini bersama Suku Dinas (Sudin)  Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat, Bina Marga, Irbanko, Suban Aset Jakpus, camat dan lurah serta intansi terkait melakukan peninjauan ke lokasi aset Pemda yang dimungkinkan untuk dijadikan sebagai kolam olakan.

"Rencananya kolam olakan akan dibuat di dua titik lokasi yakni di RW 09, Karet Tengsin, di lokasi Fasos-Fasum yang telah diserahkan ke Pemda DKI Jakarta luasnya kurang lebih 6.613 meter dan di Taman BMW RW 03, Petamburan dengan luas 1.000 meter," jelas Ginting di sela-sela peninjauan aset Pemda DKI sebagai tempat pembuatan kolam olakan, Selasa (3/11).

“Kolam olakan yang dibuat di dua titik lokasi ini untuk menampung air di RW 09 dan 011 Karet Tengsin dan RW 03 Petamburan, kemudian air di sedot keluar menuju ke Kali Ciliwung dan  Banjir Kanal Barat (BKB)," tambahnya didampingi Kabag PKLH Jakpus, Munjir, Camat Tanah Abang, M.Yasin, Lurah Karet Tengsi, Harri Ananda, dan Lurah Petamburan, Setyanto.

Perlu diketahui, lanjut Bakwan Ferizan Ginting, di dua lokasi ini genangannya selalu berulang setiap tahun, untuk itu sesuai Pergub No.12 tahun 2020 tentang tata cara pemenuhan kewajiban dari pemegang izin dan atau non izin pemanfaatan ruang dan arahan Wali Kota Jakarta Pusat, supaya memanfaatkan aset Pemda DKI Jakarta untuk membuat kolam olakan.

"Kolam olakan tidak hanya untuk menampung air genangan saja akan tetapi bisa juga sebagai tempat interaksi di pinggir-pinggir kolam. Nanti akan di desain oleh SDA berkolaborasi dengan Sudin Pertamanan dan Hutan Kota," jelasnya.

Sementara itu, Kasudin Sumber Daya Air, Ahmad Saeful mengatakan, Pembuatan kolam olakan di lokasi tersebut akan segera dilaksanakan sambil menunggu Surat dari Suku Badan Aset DKI Jakarta.

“Secepatnya kami akan membuat kolam olakan di dua lokasi tersebut, Ini manfaatnya sangat tinggi untuk mengatasi banjir di dua wilayah tersebut, paling tidak minggu ini mulai digarap," ucap Saeful.

Mengenai luasan kolam olakan yang akan dibuat, kata Saeful, Suku Dinas SDA akan mengkaji terlebih dahulu berapa pantasnya untuk kolam olakan di dua lokasi itu.

Di tempat yang sama, Ketua RW 09 Kelurahan Karet Tengsin, Vera Kusuma Dewi, menyambut baik Pemkot Administrasi Jakarta Pusat yang akan membuat kolam olakan di wilayahnya.

"Mudah-mudahan dengan dibangun kolam olakan di wilayah RW 09 dan RW 011 genangan di wilayahnya dapat berkurang dan bahkan tidak ada sama sekali adanya genangan," harapnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait