Pemkot Jakpus Bangun Embung di Jalan Letjen Suprapto

Plh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat meninjau pengerukan pembuatan embung. Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat saat ini terus berupaya mencegah terjadinya banjir di tiap wilayah. Salah satu upaya yang dilakukan dengan membangun embung (cekungan penampung) seluas 2.000 meter persegi dengan kedalaman 3 meter, di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi dalam tinjauannya mengatakan bahwa pembangunan embung ini bertujuan untuk menampung air jika terjadi genangan di kawasan Jalan Letjen Suprapto.

“Biasanya saat hujan lebat di depan BPJS Kesehatan dan Hotel C’one itu banjir,” terang Irwandi di lokasi, Kamis (11/2).

Untuk itu, lanjut Irwandi, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat dengan jajaran terkait segera mencari solusi pencegahan genangan yang cukup sering terjadi dengan membangun embung ini.

“Insyaallah kalau ini jadi (embungnya), tidak ada banjir di Jalan Letjen Suprapto,” ucapnya didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, Kasudin SDA Saiful, dan Camat Kemayoran Asep Mulyaman.

Di tempat yang sama, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat Saiful menuturkan, pembangunan embung ini akan memakan waktu sekitar tiga bulan dengan mengerahkan dua alat eskavator dan enam dump truk untuk penggalian tanah.

“Ini salah satu upaya kita untuk menanggulangi banjir di wilayah Sumur Batu setelah sebelumnya juga membuat sumur resapan di beberapa titik, dan ini baru bisa kita eksekusi setelah adanya proses administrasi bahwa lahan milik ini milik Pemprov DKI,” jelas Saiful.

Untuk diketahui, lokasi pembangunan embung ini memanfaatkan ruang hijau di kawasan Jalan Letjen Soeprapto yang bersebelahan dengan area perniagaan ITC Cempaka Mas, Jakarta Pusat. (As)

 

Kominfotik JP/ FP


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait