Pemkot Jakpus Fokus Benahi Kawasan Transit Oriented Development

Stasiun Senen. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Transit Oriented Development (TOD) merupakan penggabungan area residensi dan komersial dalam satu area yang didesain untuk memaksimalkan akses ke transportasi publik.

Sebuah lingkungan TOD pada umumnya mempunyai pusat area dengan stasiun transit atau stasiun pemberhentian (stasiun kereta, pemberhentian bus, dan sebagainya), dikelilingi infrastruktur yang mendukung kegiatan masyarakatnya seperti tempat tinggal, perkantoran, dan pusat perbelanjaan.

TOD didesain untuk menciptakan ruang kota yang lebih hidup yang berorientasi pada para pejalan kaki dan pengguna transportasi publik.

Untuk itu, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Adm Jakpus) fokus membenani kawasan dengan sistem Transit Oriented Development (TOD).

Hal ini diungkapkan, Asisten Pemerintahan (Aspem) Administrasi Kota Jakarta Pusat Denny Ramdany, saat ditemui di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (30/1).

Menurutnya, program pembangunan berorientasi TOD ini akan menjadi program unggulan Pemkot Jakpus. Seperti penataan tiga stasiun di wilayah Jakpus. Di antaranya, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Juanda, dan Stasiun Senen.

"Tahun ini kita kerjakan penataannya, satu tahun ditargetkan selesai," ujarnya.

Denny menjelaskan, nantinya di setiap stasiun akan terhubung dengan Jak Lingko dan juga transportasi online. Sehingga ke depannya, penataan ini dapat memudahkan masyarakat.

"Jadi nanti bukan lagi warga yang kejar-kejar kendaraan, tapi kendaraan yang mengejar warga," jelasnya.  (As)

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait