Pemkot Jakpus Gelar Kerja Bakti di Jalan Juanda

Petugas gabungan melakukan kerja bakti di Jalan Juanda, Jakarta Pusat. Foto: Sab

Jakarta Pusat, -- Kerja Bakti Rutin kembali dilaksanakan di wilayah Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Adm Jakpus). Salah satunya di Jalan Juanda, tepatnya di kawasan utara Stasiun Juanda, yang masuk dalam dua wilayah Kecamatan yaitu Kecamatan Gambir dan Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Pantauan Kominfotik JP di lapangan, petugas gabungan dari SDA, Lingkungan Hidup, PPSU, Bina Marga, Satpol PP, Dishub, dan Gulkarmat, melakukan pembersihan di kawasan ini.

Tampak Hadir di lokasi Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (Kasudin LH) Kota Administrasi Jakarta Pusat Marsigit, Camat Sawah Besar Prasetyo, Camat Gambir Fauzi, Wakil Camat Sawah Besar Devi, Sekretaris Camat Sawah Besar Rizaldi, Lurah Pasar Baru Arby, Lurah Kebon Kelapa Togar, serta jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya.

Kerja Bakti diawali dengan apel pagi yang dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting yang langsung melepas personil untuk melaksanakan kerja bakti.

“Kegiatan ini kita namakan Gerebek Rabu. Bedanya dengan kerja bakti hari Minggu adalah Gerebek Rabu ini difokuskan pada titik-titik tertentu, sedangkan kalau hari minggu dilakukan di setiap kelurahan,” ucapnya, didampingi Kasudin LH Marsigit, Rabu (4/3).

Menurutnya, kerja bakti di kawasan ini juga sengaja dipilih karena akan diresmikan menjadi kawasan Transit Oriented Development (TOD).

“Kawasan ini akan diresmikan menjadi kawasan TOD, sehingga kita persiapkan dari segi kebersihan, penataan, dan di lokasi kita berdiri ini akan menjadi lokasi tempat ojek online,” tambahnya.

Di tempat yang sama Camat Sawah Besar Prasetyo menambahkan, alasan pemilihan lokasi ini untuk kerja bakti dalam rangka penanganan genangan yang berapa waktu lalu terjadi di sini.

“Di samping untuk penataan kawasan Stasiun Juanda, kerja bakti ini dalam rangka penanganan genangan jika turun hujan dan memperlancar aliran air di kawasan ini,” katanya.

Untuk diketahui, Stasiun Juanda masuk dalam daftar kawasan stasiun yang akan ditata oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjadi kawasan TOD bersama dengan tiga Stasiun lainnya yaitu Stasiun Senen, Stasiun Sudirman, dan Stasiun Tanah Abang.

Transit oriented development merupakan salah satu pendekatan pengembangan kota yang mengadopsi tata ruang campuran dan maksimalisasi penggunaan angkutan massal seperti Busway/BRT, Kereta api kota (MRT), Kereta api ringan (LRT), serta dilengkapi jaringan pejalan kaki/sepeda.

“Kita sebagai aparat wilayah kerja bakti bersama dengan Kecamatan Sawah Besar, karena ini salah satu lokasi TOD, kita persiapkan lokasi dengan sebaik-baiknya terutama dari kebersihan dan ketertiban untuk mendukung program ini,” ungkap Camat Gambir Fauzi.

Kerja bakti di wilayah ini menerjunkan sekitar 250 personel gabungan. Kawasan kolong rel kereta api yang juga terdapat Lokasi Pembuangan Sementara (LPS) menjadi titik kerja bakti ini. (As)

Kominfotik JP/FP


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait