Pemkot Jakpus Jaga Ketahanan Pangan dengan Gerakan Menanam

Wali Kota Jakarta Pusat menanam pohon holtikultura, di RW 06, Kebon Kosong. Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota Administrasi Kota Jakarta Pusat (Pemkot Adm Jakpus) melakukan gerakan menanam serentak di delapan kecamatan se-Jakarta Pusat, Jumat (12/6).

Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara, mengatakan, kegiatan menanam ini menjadi momentum bagaimana bergerak bersama untuk ketahanan pangan di masa PSBB transisi. Di mana tanaman yang dihasilkan dapat dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan keluarga.

“Jadi tidak perlu kemana-mana cukup menanam, apa yang kita tanam bisa kita manfaatkan sendiri,” ungkapnya saat membuka kegiatan menanam di Kebun Bhinneka RW 06, Kelurahan Kebon Kosong, Jakarta Pusat.

Di tempat yang sama Plt Kepala Suku Dinas (Kasudin) Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakpus, Suharini Ellyawati menerangkan, ada 540 pohon jenis holtikultura yang ditanam dalam kegiatan ini. Selain itu, pihaknya juga menebar 5000 benih ikan lele dan 5000 benih ikan nila.

“Kita juga mendapatkan tanaman pelindung dan tanaman hias dari Sudin Pertamanan dan Kehutanan Kota,” terangnya.

Suharini Ellyawati mengatakan, jika masyarakat di Kebun Bhinneka ini konsisten melakukan perawatan tanaman. Maka pertengahan Juli nanti bisa panen ikan lele dan cabe. Meski kegiatan menanam ini belum bisa dijadikan kegiatan bisnis, namun menurutnya kegiatan ini dapat menjaga pemenuhan kebutuhan pangan keluarga.

“Pandemi ini tidak tau sampe kapan, bagaimana menyiapkan ketahanan pangan perlu bantuan camat dan lurah mengandeng warga yang punya lahan untuk dimanfaatkan. Lalu kami yang akan melakukan pendampingan,” tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait