Pemkot Jakpus Peringati Harganas dengan Live Streaming

Pelayanan KB sejuta akseptor. Foto: Sab

Jakarta Pusat, -- Dalam memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Adm Jakpus) melalui Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) Jakpus diselenggarakan melalui live streaming.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya setiap tanggal 29 Juni kita selalu memperingati Harganas. Namun, ditengah pandemi virus Corona peringatan Harganas diselenggarakan dengan live streaming agar lebih dekat dengan warga," kata Kasudin PPAPP Jakarta Pusat, Eny Rosianingsih, didampingi Kepala Pelatihan BKKBN, Irma Ardiana, saat di PMB D. Artiningsih, Sumur Batu, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (29/6).

Selain itu, lanjutnya, dalam rangka perayaan Harganas ke-27, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) juga melaksanakan pelayanan KB sejuta akseptor.

"Pelayanan ini juga akan dicatat sebagai rekor MURI dengan target layananan hingga 1.373.902 akseptor," ungkapnya.

Lebih lanjut Eny menerangkan, pelayanan KB sejuta akseptor ini dilakukan di Rumah Sakit, Puskesmas, Praktek Mandiri Bidan (PMB), dan kunjungan ke rumah warga. Adapun jenis pelayanan KB meliputi, kondom, IUD, implan, MOW, dan MOP.

Eny menjelaskan, wilayah Jakarta Pusat telah memiliki Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang aktif dalam kegiatan pelayanan KB sejuta akseptor sebanyak 33 Faskes, 25 Bidan Praktek Mandiri (BPM) yang tergabung dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Bidan Delima, serta 428 kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD).

"Pada Harganas tahun ini Jakarta Pusat ditargetkan melayani 949 akseptor IUD atau implant, 465 suntik, dan 2.110 pil/kondom," jelasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda