Pemkot Jakpus Petakan Situasi Stunting

Kasubanppeko Jakarta Pusat Tulus Ludiyo Setiawan. Foto: As

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) tengah memetakan situasi stunting yang ada di tiap wilayah. Pemetaan ini dilakukan bersama Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait.

Kepala Suku Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Kasubanppeko) Jakarta Pusat Tulus Ludiyo Setiawan menerangkan, aksi pemetaan stunting yang dilakukan ini merupakan aksi tahap pertama dari delapan tahapan aksi dalam rangka intervensi percepatan penurunan stunting di wilayah Jakpus.

Menurutnya, dari tahapan ini dilakukan analisis situasi berdasarkan data stunting, maupun layanan kesehatan serta pelayanan lintas sektoral.

“Hasil pemetaan analisis situasi ini kita dapatkan dari kelurahan-kelurahan yang berkategori merah berdasarkan data. Ada sembilan kelurahan yang mendapat kategori merah di wilayah Jakpus,” ungkapnya, di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang l, Gambir, Jumat (19/2).

Kelurahan dengan kategori merah ini, lanjut Tulus, perlu mendapatkan peningkatan layanan guna menurunkan angka stunting. Seperti pelayanan konseling gizi, kebersihan, pengasuhan orang tua, sanitasi dan air bersih, serta perlindungan sosial dan ketahanan pangan.

“Setelah aksi pemetaan ini, kita akan lanjutkan dengan tujuh aksi lainnya dalam satu tahun ini,” tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait