Pemkot Jakpus Targetkan 1.900 Kantong Darah

Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, Rustam Effendi didampingi Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat meninjau kesiapan protokol kesehatan petugas PMI. Foto: As

Jakarta Pusat, -- Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan dan HUT Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-49, Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat mengadakan donor darah bagi para pegawai dan masyarakat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat yang berlangsung di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (18/11).

Donor darah bagi para pegawai dan masyarakat di lingkungan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat ini dibuka langsung oleh Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta, Rustam Effendi. 

Ia mengatakan, diawal pandemi PMI sempat kekurangan stok darah sementara setiap harinya DKI Jakarta harus menyiapkan 1.000 kantong darah. 

"Jika hari ini tersedia 1.000 kantong darah maka akan kita pasok ke rumah sakit rumah sakit agar stok darah tetap aman," katanya.

Untuk itu, lanjutnya, Pemkot Jakpus menggerakkan masyarakat dan para pegawainya dengan memberikan bantuan kemanusiaan yang di salurkan ke PMI. 

"Mudah-mudahan kegiatan ini bisa menutupi kebutuhan darah yang 1.000 kantong darah per harinya," ungkap Rustam. 

Dalam memutus penyebaran Covid-19, Rustam menambahkan, bagi pendonor benar-benar harus menerapkan protokol kesehatan seperti, pengecekan suhu tubuh, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun.  

"Donor darah di masa pandemi ini kegiatan yang diperbolehkan beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan maka dapat dipastikan donor darah bisa dilakukan," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengatakan, Pemkot Jakpus selalu mendukung PMI Provisi dalam rangka donor darah.

"Kita menargetkan 1.900 pendonor dan donor darah ini akan dilaksanakan selama tiga hari (besok masih di kantor Wali Kota Jakpus) dan ditutup di pada hari Sabtu (21/11) pagi di SMA 5, Sumur Batu, Kemayoran," pungkasnya.  


Kominfotik JP/As


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait