Pemkot Jakpus Wacanakan HBKB Kecamatan

Rapat persiapan pelaksanaan HBKB tahun 2019, di Ruang Pola Kantor Wali Kota, Jakarta Pusat, Senin ( 14/1 ). Foto: Day

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) mewacanakan akan menggelar Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di tingkat kecamatan.

Hal ini diungkapkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakpus, Bakwan Ginting, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (14/1).

Menurutnya, saat ini pihaknya tengah mengkaji rencana HBKB tingkat kecamatan dengan Biro Perekonomian Jakpus terkait kesiapan wilayah.

"Sebenarnya ini sudah direncanakan dari tahun lalu, tapi kita liat juga kesiapan wilayah. Karena ada beberapa persyaratan untuk melaksanakan HBKB ditingkat kecamatan," ungkapnya.

Ginting menerangkan, syarat yang harus dipenuhi wilayah untuk menyelengarakan HBKB kecamatan yakni ruas jalan bisa dilalui Transjakarta, dan panjang jalur minimal 1 Km.

"Kenapa harus dilalui bus Transjakarta, karena kan jalanan ditutup otomatis tidak bisa dilalui kendaraan. Makanya, harus ada Transjakarta agar menjadi transportasi alternatif," jelasnya.

Hingga saat ini Ginting belum dapat memastikan apakah rencana tersebut dapat direalisasikan. Sebab, pihaknya masih menunggu keputusan dan hasil kajian di Biro Perekonomian.

"Kalau ini terealisasi kita akan atur waktunya per-kecamatan jangan sampai bersamaan dengan HBKB tingkat kota. Tapi jika tidak terealisasi tidak apa, mungkin belum cukup kesiapannya tahun ini," tandasnya. (as)

 

Kominfotik JP/NEL 

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait