Pentingnya Mengelola Stres di Tengah Penyebaran Covid-19

Jakarta Pusat, -- Di tengah ramainya pembicaraan terkait penyebaran Corona Virus Desease (Covid-19), warga  justru diimbau tetap tenang. Termasuk dalam mengelola stres. 

Dilansir dari website Center for Disease Control and Prevention (CDC), mengelola stres di tengah situasi penyebaran Covid 19 sangat penting. Sebab, dengan mengelola stres dapat saling menguatkan keluarga, maupun lingkungan sekitar. 

Dalam artikel yang diunggah CDC, dijelaskan setiap orang memiliki reaksi berbeda terhadap situasi yang dapat membuat stres termasuk dalam menghadapi penyebaran Covid-19.

Kepanikan dan stres yang terjadi terhadap Covid-19 ini justru akan membuat kondisi tubuh bertambah buruk sehingga dapat mempengaruhi sistem imun. Stres juga bisa memperburuk kesehatan terhadap riwayat penyakit kronis sebelumnya.

CDC melansir beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk mengelola stres mulai dari diri sendiri, di antaranya, 

 

1. Beristirahatlah dari menonton, membaca, atau mendengarkan berita, termasuk media sosial terkait Covid-19. Mendengarkan berita tentang pandemi itu berulang kali bisa membuat tidak tenang.

 

2. Jaga kondisi tubuh Anda. Ambil napas dalam-dalam, regangkan, atau meditasi. Cobalah untuk makan makanan yang sehat dan seimbang, berolahraga secara teratur, banyak tidur, dan hindari alkohol dan narkoba.

 

3. Luangkan waktu untuk bersantai. Coba lakukan beberapa aktivitas lain yang Anda sukai.

 

4.Hubungi penyedia layanan kesehatan Anda jika stres menghalangi kegiatan sehari-hari Anda selama beberapa hari berturut-turut.

 

Untuk mengelola stres pada anak-anak, CDC menyarankan untuk membuka komunikasi yang intensif antara orang tua dan anak dalam memahami penyebaran Covid 19.

Meyakinkan anak bahwa mereka aman, dan membatasi akses informasi mereka terhadap pemberitaan Covid-19 yang bisa saja tidak mereka pahami. Membuat jadwal kegiatan rutin maupun belajar santai di rumah, selama sekolah ditutup. (As)

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait