Perayaan HUT Damkar DKI ke-101, Warga Jajal Turntable Tender

Perayaan HUT Damkar DKI ke-101, warga jajal Turntable Tender. Foto: Rin

Jakarta Pusat, -- Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta merayakan hari jadinya yang ke-101, di Kantor Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Duri Pulo, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (1/03).

Acara diawali dengan upacara dipimpin Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan bertugas sebagai Inspektur Upacara dengan menggunakan atribut Damkar. Turut mendampingi Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta Satriadi Gunawan, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara serta jajaran pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Anies mengajak seluruh peserta upacara untuk mengheningkan cipta sejenak untuk mendoakan para petugas kebakaran yang telah gugur.

"Mari kita doakan saudara kita yang telah mendarmabaktikan jiwanya menjalankan tugas menyelamatkan sesama. Namun, sebagian telah gugur dalam menjalankan tugasnya," ujar Anies.

Di tempat yang sama Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara juga mengucapkan selamat kepada Gulkarmat DKI yang telah menginjak usia 101 tahun.

“Selamat hari jadi yang ke 101 untuk Gulkarmat DKI, semoga tetap menjadi garda terdepan di setiap saat warga membutuhkan,” tambah Bayu.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta Satriadi Gunawan mengungkapkan, selain petugas Gulkarmat, peserta yang mengikuti upacara ini berasal dari Satpol PP DKI Jakarta, BPBD DKI Jakarta, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dan Pramuka.

“Kegiatan HUT ini juga untuk menggelorakan rasa patriotisme sebagai petugas pemadam,” tambah Kadis Gulkarmat Satriadi seusai acara.

Selain upacara, lanjutnya, acara ini dilangsungkan dengan kegiatan lomba-lomba dan keterampilan edukasi. Adapun peserta lomba yaitu dari keluarga Damkar yang mewarnai kemeriahan pelaksanaan HUT ke 101 antara lain seperti, Family Gathering, Playing Fox, muter naik mobil pemadam, mewarnai, lomba menggunakan APD, lomba tarik mobil, dan lomba-lomba lainnya.

“Lombanya seperti acara 17 an, pesertanya diikuti dari keluarga Damkar antara lain putra-putri dan anggota Dharma Wanita dari enam wilayah,” ungkapnya.

Selain itu, harapan juga disematkan oleh petugas Damkar yang ikut melaksanakan upacara perayaan HUT Damkar DKI ini

“Semoga Damkar semakin maju, jaya, berkembang dan berinovasi dalam kecanggihan teknologi jaman sekarang,” jelas Broto petugas Gulkarmat Wilayah Jakpus.

Sebelumnya, beberapa warga juga ikut merasakan meriahnya perayaan HUT Damkar tahun ini, khususnya anak anak, karena pada perayaan HUT ini diberikan kesempatan bagi pengunjung untuk merasakan naik keranjang mobil pemadam kebakaran (Damkar) jenis Turntable Tender and Snorkle Bronto Skylight selama kurang lebih lima menit. Hal ini dilakukan sebagai edukasi kepada warga agar memahami fungsi dari alat pemadam kebakaran.

“Kita jadi tahu tugas petugas pemadam kebakaran itu seperti apa, fungsi-fungsi alatnya untuk apa,” kata Nadia yang sempat menjajal crane dan merupakan anggota keluarga dari petugas Damkar DKI.

Dalam upacara ini juga turut ditampilkan alat-alat pemadam kebakaran, salah satunya robot pemadam kebakaran. Robot itu berjenis LUF 60 dan dok-ing MVF-U3 yang siap membantu para petugas memadamkan api. (As)

Kominfotik JP/FP


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait