Periode Januari-September, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakpus Pangkas 5.922 Pohon

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Ribuan pohon di Jakarta Pusat dilakukan pemangkasan pada periode Januari sampai minggu ketiga bulan September 2020 oleh Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat, Mila Ananda mengatakan dari jumlah 5.922 terbagi menjadi beberapa kategori penanganan pemangkasan pohon. Di antaranya 2.139 dilakukan pangkas ringan, 3.118 pangkas sedang, dan 619 pangkas berat.

"Ada 46 pohon kita tebang karena dinilai pohon tersebut sakit dan rawan tumbang," ucap Mila saat diwawancarai, Rabu (23/9).

Masih kata Mila, setidaknya ada tiga kecamatan yang di wilayahnya terdapat pohon masuk dalam kategori rawan tumbang dan tua. Seperti Kecamatan Menteng, Gambir, dan Cempaka Putih.  Wilayah Kecamatan Menteng paling banyak didapati pohon yang rawan tumbang dan berusia tua.

"Kita lakukan pemangkasan pohon yang sudah rimbun. Tujuannya agar beban pohon tidak terlalu berat," ucapnya.

Mila mengatakan, tumbangnya pohon dikarenakan beberapa faktor. Seperti, akar yang sudah mengalami busuk sehingga menimbulkan keropos pohon. Kemudian hambatan pembuatan utilitas sehingga akar menjadi rusak. (As)

 

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait