Petugas Kebersihan Dapat Sayuran Hasil Panen Hidroponik di JP Farm

Panen sayuran di JP Farm. Foto: Chr

Jakarta Pusat, -- Petugas kebersihan Kantor Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Adm Jakpus) merasa bangga dapat hasil panen sayuran di tempatnya bekerja di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat.

Pasalnya, sebanyak 5 kg sayuran pakcoy yang dipanen dari rak hidroponik JP Farm kali ini dapat dirasakan manfaatnya lantaran diserahkan ke petugas kebersihan.

Perlu diketahui, JP Farm diresmikan tanggal 20 Februari 2020 lalu. Di lokasi ini, terdapat empat rak hidroponik dan sudah dilakukan dua kali panen sayuran berkala. Panen pertama adalah sayuran kangkung yang dipanen dari tiga rak hidroponik di JP Farm.

Kepala Seksi Pertanian Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Sunarto mengatakan, kegiatan hari ini merupakan panen kedua di JP Farm.

"Hasil panen dibagikan ke petugas kebersihan yang bertugas. Hasilnya untuk makan bersama para petugas kebersihan gedung melalui pengolahan makanan di rumah masing-masing," terangnya, di JP Farm, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Senin (13/4).

Sunarto menambahkan, Jakarta Pusat memiliki 50 titik rak hidroponik yang tersebar di tiap kelurahan. 10 rak di antaranya yang sudah dipanen berada di RPTRA dan kantor kelurahan.

"Periode 6 Maret 2020-7 April 2020, kita sudah panen sayuran sebanyak 56,2 kilogram dari 10 rak hidroponik di Jakpus. Terdiri dari kangkung 12,7 kg, sawi 4 kg, samhong 6,5 kg, pakcoy 20 kg dan bayam 23 kg," jelasnya.

Disamping itu, Sunarto mengimbau warga yang melakukan pekerjaan dari rumah atau work from home (WFH) dapat menerapkan penanaman sayuran hidroponik di rumahnya masing-masing dengan alat sederhana.

"Masyarakat yang melakukan WFH, sebaiknya memanfaatkan waktu luang untuk menanam sayuran hidroponik dan menambah ketersediaan pangan di lahan terbatas. Media tanam atau pot dapat menggunakan kaleng dan ember bekas," pungkasnya. (As)

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait