Petugas Tata Saluran Air di Jalan Baladewa

Petugas SDA dan PPSU Kelurahan Tanah Tinggi melakukan penataan saluran air. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) bersama PPSU Kelurahan Tanah Tinggi melakukan penataan saluran air di Jalan Baladewa RW 05, Johar Baru, Jakarta Pusat.

Penataan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Pelaksana harian (Plh) Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi saat meninjau Gerebek Lumpur di Johar Baru pada hari Minggu (7/2/2021) lalu. Saat itu, Irwandi meminta agar saluran penghubung (PHB) Kali Sentiong yang areanya terganggu agar ditertibkan.

"Saya minta ini dibongkar yaa, biar lancar aliran airnya," ucap Irwandi kala itu sambil menunjuk ke arah saluran PHB yang juga tertutup oleh barang-barang bekas milik warga di lokasi.

Sementara itu, Lurah Tanah Tinggi Imran mengatakan, saat melakukan penataan saluran tersebut petugas langsung menemukan benda-benda yang menyebabkan aliran air terhambat, dirinya pun langsung menginstruksikan petugas SDA dan PPSU Kelurahan untuk segera mengangkatnya.

"Alhamdulillah setelah dibongkar keliatan semua sampah-sampah numpuk yang ada di bawah karena tertutup," ucap Imran di lokasi, Senin (15/2).

Kemudian lanjut Imran, pihaknya juga melakukan pengangkutan terhadap barang-barang milik warga seperti lemari bekas yang ada di atas saluran penghubung (PHB) tersebut.

"Pihak Satpol Kecamatan turun semua bersama para anggotanya, alhamdulillah bisa diterima. Memang ini bukan untuk kepentingan pribadi tetapi untuk kepentingan umum jadi harus kita tata," tuturnya.

Sebelumnya, di lokasi ini terdapat beberapa warga yang memanfaatkan area saluran PHB untuk aktivitas usaha dengan menutup saluran secara permanen maupun sementara. Lalu meletakkan benda-benda seperti, kayu, besi, kaca, lemari, dan benda lainnya di atas saluran yang dapat membuat aliran air terganggu, sehingga saat terjadi hujan sering menimbulkan genangan. (As)

 

Kominfotik JP/ FP


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait