Plh Wali Kota Jakpus Optimis Johar Baru Tidak Banjir

Plh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi (memakai topi merah) meninjau pengerukan lumpur di Kali Sentiong. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Plh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi kembali meninjau pelaksanaan kerja bakti gerebek lumpur di Kali Sentiong, Johar Baru, Minggu (13/12).

Irwandi ingin memastikan target yang diberikan di salah satu titik prioritas penanganan banjir di Jakarta Pusat ini bisa dipenuhi.

“Kalau melihat secara keseluruhan selama lebih kurang tujuh minggu ini sebetulnya sudah melebih target. Kemarin beberapa kali hujan air mengalir dengan lancar,” ujarnya.

Lebih jauh, Irwandi menjabarkan pengamatannya. “Awalnya kan ada seperti pulau itu di kali, tumpukan sedimen lumpur, sekarang sudah tidak ada,” lanjutnya.

Pelaksanaan gerebek lumpur di lokasi ini melibatkan setidaknya 100 orang petugas dari Suku Dinas Sumber Daya Air, Suku Dinas Linkungan Hidup dan PPSU Kelurahan di Kecamatan Johar Baru. Dari sisi perlengkapan, terlihat ada dua buah ekskavator amfibi, satu buah ekskavator long arm dan sekurangnya sepuluh buah truk pengangkut lumpur.

“Sepertinya dalam lima tahun terakhir, ini pekerjaan terbesar dan terlama yang kita lakukan di sini ya,” ungkap Irwandi.

Plh Wali Kota juga optimis dengan pencapaian sejauh ini. “Kalau kita lihat progress pengerjaan ini, Insya Allah Johar Baru bisa terbebas banjir. Sebetulnya targetnya kan ini gerebek lumpur berakhir di tanggal 7 Desember, tapi kita lanjutkan terus pekerjaannya. Kalau dihitung-hitung mengerjakan (pengerukan) Kali Sentiong ini memang bisa satu sampai dua tahun,” ujar Irwandi.

Menurut Irwandi, efektivitas gerebek lumpur ini bisa dilihat pada saat hujan turun. “Bukannya kita nantang hujan ya, tapi saya berharap hujan besar untuk tes, dari situ nanti keliatan apakah aliran air sudah baik,” sebutnya.

Plh Wali Kota meminta warga untuk sama-sama ambil bagian dalam penanganan banjir. Bagi warga yang tinggal di bantaran kali diharapkan kesadarannya untuk tidak membuang sampah ke kali. Irwandi juga memerintahkan jajaran di wilayah tersebut untuk melakukan patroli dan penindakan bagi warga yang ketahuan membuang sampah ke kali. (Kominfotik JP/SAF)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait