Plt Ketua TP PKK Jakpus Panen Sayuran di Taman Rawasari

Panen cabai di Taman Kota Rawasari. Foto: Rif

Jakarta Pusat, -- Plt Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat, Emma Gema Diana bersama Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin melakukan panen perdana sayur kangkung, bayam, dan cabai merah kriting di Taman Kota Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Rabu (23/12).

Plt Ketua TP PKK Jakarta Pusat, Emma Gema Diana mengatakan, panen perdana sayur kangkung, bayam dan cabai merah yang ditanam di atas lahan seluas 500 meter ini cukup lumayan hasilnya.

“Hari ini kita panen perdana kangkung 20 kg, bayam 10 kg, dan cabai merah 5 kg," ujar Emma di lokasi.

Lebih lanjut Emma menjelaskan, hasil panen ini dikonsumsi sendiri dan dibagikan kepada petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU) sebagai pengelola Taman Rawasari.

Di tempat yang sama, Sekko Administrasi Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin menjelaskan, panen ini merupakan hasil kolaborasi antara aparat pemerintah, PPSU, dan CSR untuk ikut menyukseskan menanam berbagai jenis sayuran di Taman Rawasari ini.

Ia juga berharap kepada seluruh camat dan lurah untuk bisa mengidentifikasikan lahan-lahan yang tersebar di seluruh wilayahnya yang merupakan aset Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat yang belum dimanfaatkan.

"Lahan milik Pemkot Administrasi Jakarta Pusat harus bisa dimanfaatkan melalui berbagai sumber daya seperti menanam bermacam jenis sayuran. Karena manfaatnya sangat besar sekali untuk menambah penghasilan warga," jelasnya.

Sementara itu, Sementara Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat, Mujiati menambahkan, di lahan taman kota ini KPKP sudah menanam berbagai jenis sayuran di antaranya kangkung, bayam, terong, cabai merah kriting, jahe merah, dan lain sebagai.

"Tanaman sayuran ini dikelola oleh anggota PPSU, sedangkan kami (Sudin KPKP) hanya memberikan bibit tanaman sayuran sekaligus memberi bimbingan kepada mereka. Alhamdulillah, hasil panen cukup lumayan," ungkapnya.

Dalam panen perdana ini juga dihadiri, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting, Kepala Suku Dinas Pertanaman dan Juta Kota Administrasi Jakarta Pusat, Mila Ananda, Sekretaris Kecamatan Cempaka Putih, Erick, dan Lurah Rawasari, M Arif Biki. (As)

 

Kominfotik JP/Day

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait