Puskesmas Gambir Gelar Vaksinasi Covid-19 Bagi Tenaga Kesehatan

Vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Kecamatan Gambir. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Puskesmas Kecamatan Gambir menggelar vaksinasi Covid-19 tahap satu bagi para tenaga kesehatan (nakes) yang telah terdaftar di Cideng Timur, Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (15/1). Pelaksanaan vaksin ini sudah memasuki hari kedua yang dimulai sejak kemarin.

Kepala Puskesmas Kecamatan Gambir, Alamas Hidayati mengatakan, vaksinasi Covid-19 tahap satu ini masih di khususkan bagi para tenaga kesehatan yang telah mendapat sms, akan mendapat tautan (link) untuk registrasi.

"Sebelum mendapatkan vaksin Covid-19, para tenaga kesehatan akan mendapatkan sms dan mendapat tautan (link) aplikasi “Peduli Lindungi” untuk mendaftarkan diri. Di aplikasi tersebut tenaga kesehatan dapat menentukan tempat hari dan jam untuk divaksin," katanya.

Diberikan vaksinasi Covid-19 ini, tambahnya, agar cepat mencapai herd immunity (kekebalan kelompok) supaya dapat menekan angka penyebaran virus Covid-19 dan dengan begitu angka kematian juga akan menurun.

Sementara, lanjut Alamas Hidayati, bagi tenaga kesehatan yang pernah terpapar Covid-19 tidak bisa mendapatkan vaksin ini.

"Bagi tenaga kesehatan yang sudah pernah kena Covid-19 tidak diwajibkan untuk mendapat vaksinasi Covid -19 ini," jelasnya.

Di tempat yang sama, Desy salah satu tenaga kesehatan yang telah divaksinasi Covid-19 mengaku bahwa vaksin ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

"Dengan adanya vaksinasi Covid-19 ini dapat meningkatkan daya tubuh kita dari virus Covid-19 agar melindungi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan," ungkapnya.

Untuk diketahui, vaksinasi Covid-19 tahap satu ini masih di khususkan bagi para tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan, sedangkan untuk masyakat umum akan dilakukan pada tahap dua, kemungkinan dilaksanakan pada bulan Maret 2021.

Vaksinasi dilaksanakan untuk melengkapi upaya pencegahan penyakit Covid-19 yang sudah lebih dulu dilakukan, seperti memakai masker, mencuci tangan, juga menjaga jarak dan menghindari kerumunan. (As)

 

Kominfotik JP/Lik

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait