Puskesmas Kecamatan Senen Cegah Covid 19 di Pasar Kenari

Sosialisasi pencegahan virus Corona dilakukan oleh Puskesmas Kecamatan Senen terhadap ratusan pedagang di Plaza Kenari Mas, Jakarta Pusat, Rabu (11/3). Foto: Chr

Jakarta Pusat, -- Guna meminimalisasi warga Jakarta Pusat terpapar Corona Virus Desease (Covid 19), puluhan penyuluhan baik di sekolah, mall hingga Posyandu dikerahkan. Kali ini, sosialisasi pencegahan virus Corona dilakukan oleh Puskesmas Kecamatan Senen terhadap ratusan pedagang di Plaza Kenari Mas, Jakarta Pusat, Rabu (11/3).

Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) Puskesmas Kecamatan Senen Erma Handayani mengatakan, sosialisasi ini diberikan kepada 120 pedagang yang ada di Plaza Kenari Mas dikarenakan pusat perbelanjaan merupakan salah satu garda terdepan dalam pelayanan bagi masyarakat.

Oleh sebab itu, lanjut Erma, sosialisasi ini dirasa sangat penting untuk memberikan edukasi kepada pedagang agar tetap waspada dalam menghadapi virus Covid-19 ini.

"Semua lini kita sosialisasikan, seperti di pusat perbelanjaan yang merupakan salah satu layanan bagi masyarakat. Di Plaza Kenari Mas sendiri saya lihat sudah ada screening thermalnya, berarti sudah ada upaya untuk mencegah virus ini," kata Erma dilokasi.

Ia melanjutkan, selain menggencarkan gerakan cuci tangan enam langkah dengan menggunakan sabun dan disertai air mengalir, pihaknya juga mengingatkan kepada para pedagang untuk menjaga imunitas tubuh. Sehingga, apabila imun kuat, virus-virus tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Menurutnya, Puskesmas Kecamatan Senen telah memberikan sosialisasi tentang virus Covid-19 di 60 lokasi yang tersebar di antaranya sekolah, pusat perbelanjaan, hingga Posyandu yang ada di wilayah Kecamatan Senen.

"Sejauh ini ada puluhan penyuluhan baik di sekolah, pusat perbelanjaan hingga Posyandu kita lakukan dengan memberdayakan tenaga medis yang ada. Kita harus tetap waspada karena penularannya gampang sekali. Kita harus melindungi diri dan menerapkan pola bersih dan sehat. Terutama cuci tangan enam langkah serta menjaga imunitas tubuh," tandasnya. (As)

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait