Raih Penghargaan Proklim Utama, Camat Ingin RW 03 Jadi Teladan

Salah satu tanaman hidroponik di Kelurahan Cempaka Putih Timur. Foto: pusat.jakarta.ho.id

Jakarta Pusat, -- RW 03 Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih diharapkan menjadi teladan RW lain usai meraih penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Utama 2020 dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Hal ini diungkapkan, Camat Cempaka Putih Andri Ferdian, saat dikonfirmasi, Jumat (23/10).

Menurutnya, penghargaan yang diraih RW 03 merupakan hal yang sangat membangakan. Sebab, di tengah pandemi Covid-19 yang memberi dampak bagi masyarakat. Ternyata seluruh stakeholder mulai dari pemerintah dan masyarakat mampu memberikan hasil terbaik dengan diraihnya penghargaan ini.

"Tentunya ini penghargaan yang sangat membangakan dan patut disyukuri, karena di tengah pandemi yang serba terbatas ini kita bisa meraih penghargaan ini. Harapan saya ke depannya apa yang diraih RW 03 dapat menjadi teladan untuk RW lainnya di Kecamatan Cempaka Putih," ungkapnya.

Meski wilayahnya telah meraih penghargaan Proklim Utama 2020, namun Andri menegaskan penghargaan tersebut bukan tujuan utama. Yang terpenting baginya, keberadaan Proklim di wilayah Kecamatan Cempaka Putih ini dapat memberi manfaat untuk warga sekitar. Di mana warga bisa becocok tanam dengan urban farming, hidroponik, dan budidaya magot. Serta keberadaan Proklim juga dapat menjadi sarana pembelajaran masyarakat yang ingin belajar urban farming dan Magot. Sebab, selama ini RW 03 sudah menjadi tujuan studi banding urban farming nasional bahkan internasional.

"Yang paling penting masyarakat bisa bercocok tanam di sana, warga bisa belajar. Hidroponik ada, pengurangan sampah dengan mangot ada. Kita ingin proklim ini bisa berfaedah untuk masyarakat sekitar, Jakarta Pusat, dan tentunya Provinsi DKI Jakarta," tandasnya. (As)

 

Komimfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait