Ratusan Petugas Gabungan Lakukan Bersih-Bersih Trotoar Pasca Banjir

Jakarta Pusat, -- Ratusan petugas Gabungan Pemerintah Kota Jakarta Pusat yang terdiri dari pasukan orange, kuning, biru, hijau, dan putih melakukan aksi bersih-bersih pasca banjir di sepanjang Jalan Kramat Raya.

Sebelum melakukan aksi bersih-bersih diawali dengan Apel Kerja Bakti Massal yang dipimpin langsung Wakil Walikota Jakpus, Irwandi didampingi Sekretaris Kota (Seko) Jakpus, Iqbal Akbarudin, Camat Senen, Rommy Jarpiko serta Ka.Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho, di Halaman Pasar Kenari, Jum'at (3/3/2020).

Irwandi Mengatakan, kerja bakti membersihkan semua trotoar yang baru selesai sekaligus melakukan pengecekan terhadap tali-tali air. " Apakah tali-tali air tertutup atau tidak setelah trotoar jadi, " ucapnya. Jika nantinya ada tali-tali air yang tertutup maka akan dibongkar segera, mumpung belum ada hujan lagi. Irwandi berharap semua titik-titik tali air di sepanjang jalan Kramat raya semua brfungsi dengan baik, ujarnya.

Ia minta puing-puing maupun gundukan tanah bekas galian pasca perbaikan trotoar/pedestrian agar diratakan dan dirapihkan, namun tanahnya atau puing jangan sampai masuk ke tali - tali air, tandas mantan Kadis UMKM DKI Jakarta.

Ka.Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho mengatakan dalam mendesain trotoar itu ada dua, pertama kalau  trotoar desain rata jalan maka tali airnya dibangun standar namun di daerah cekungan supaya tidak terjadi antrian air tentunya mulut airnya akan diperlebar. Sedangkan yang kedua pihaknya membuat semacam vertikal drainase, begitu ada luapan genangan air bisa langsung masuk ke vertikal drainase, ungkapnya.

Jika ada tali air yang mampet maka akan dibongkar dan ini masih tanggung jawab pihak ke tiga karena masa pemeliharaan trotoar selama dua tahun, tambah hari.

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait