Rawan Tumbang di Musim Penghujan, Puluhan Pohon Pelindung Dipangkas

Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Senen melakukan pemangkasan pohon. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota melakukan pemangkasan pohon pelindung, di Jalan Paseban, Jalan Kramat, dan Jalan KKO, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

"Pemangkasan pohon pelindung yang sudah terlalu rimbun dan tinggi harus dipangkas supaya tidak rawan tumbang saat diterpa hujan deras dan angin kencang," ujar Kepala Satuan Pelaksana (Kasatpel) Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Senen Demak Bebasaraja saat dikonfirmasi, Selasa (9/2).

Menurutnya, selain rawan tumbang, pohon yang sudah tinggi dan rimbun itu juga menutupi cahaya lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) sehingga kawasan tersebut menjadi agak gelap saat malam.

"Untuk itu, pohon harus dipangkas dan dirapihkan,“ kata Demak seraya mengimbau masyarakat jika melihat pohon pelindung yang keropos dan rawan tumbang segera memberitahukan petugas.

Ia menambahkan, Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Senen selalu melakukan pengecekan pohon pelindung di sejumlah jalan raya.

"Selama Januari hingga hari ini, kami sudah melakukan pemangkasan di wilayah Kecamatan Senen sebanyak 60 pohon pelindung," ungkapnya.

Untuk diketahui, pemangkasan pohon di tiga lokasi tersebut, Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Kecamatan Senen menerjunkan delapan Satuan Tugas (Satgas) dilengkapi dengan peralatan dan mobil angkutan. Sedikitnya 15 pohon pelindung telah dipangkas.

Adapun jenis pohon pelindung yang dipangkas yaitu, pohon angsana, palem, beringin, nangka, glodokan tiang, dan lain-lain. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait