Rembuk RW Tingkat Kota Berlangsung Secara Daring

Sosialisasi Rembuk RW 2021  diselenggarakan secara daring di Ruang Rapat Wakil Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (5/1). Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Rembuk RW adalah fase paling awal dari rangkaian perencanaan partisipatif. Tahap berikutnya adalah Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang dilakukan berjenjang mulai dari kelurahan, kecamatan, kota atau kabupaten administrasi, provinsi dan terakhir nasional.

Seluruh tahapan itu akan dilalui untuk mendapatkan rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah dan Nasional (APBD/APBN) tahun berikutnya.

Mengingat situasi pandemi masih dihadapi, seluruh tahapan itu harus dijalankan dengan penyesuaian. Rembuk RW tahun ini akan dilaksanakan secara daring oleh masing-masing RW. Kehadiran fisik peserta di Balai Warga atau RW akan sangat dibatasi dan mengikuti protokol kesehatan.

Sosialisasi mengenai Rembuk RW 2021  hari ini, Selasa (5/1), juga diselenggarakan secara daring. Para lurah beserta RW mengikuti dari kantor kelurahan masing-masing.

“Iya pelaksanaan rembuk RW di tingkat wilayah Jakarta Pusat (Jakpus) disarankan melalui daring akibat situasi pandemi Covid-19,” kata Kepala Suku Badan Perekonomian dan Pembangunan (Subanpeko) Jakarta Pusat, Tulus Ludyo Setiawan, usai sosialisasi Rembuk RW Tahun 2021 melalui daring, di Ruang Rapat Wakil Walikota, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (5/1).

Menurutnya, pelaksanaan Rembuk RW saat ini berbeda dari tahun sebelumnya karena adanya saran dilakukan secara daring. Namun, jika tidak memungkinkan jajaran RW dapat melakukan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Kita sarankan sangat untuk dilakukan daring di tiap RW. Jika tidak bisa dilakukan secara daring harus menerapkan protokol kesehatan ketat," ungkapnya. 

Nantinya, pelaksanaan Rembuk RW ini akan dilakukan minggu pertama hingga minggu ketiga Januari. Terkait jadwal pasti pelaksanaan di tiap RW, Tulus belum menerima jadwal langsung dari RW yang ada.

"Jadwal dari RW. RW yang tentukan. Nanti pengurus RW serahkan jadwal ke kita," terangnya.

Dalam pelaksanaan Rembuk RW ini juga nantinya akan didampingi para pendamping Rembuk RW yang dipilih Ketua RW. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait