Satgas Bina Marga Bersihkan Tali dan Mulut Air di Delapan Kecamatan

Satgas Bina Marga Jakpus bersihkan tali air. Foto: Chr

Jakarta Pusat, -- Sejumlah tali dan mulut air yang ada di delapan kecamatan terus dibersihkan oleh Satgas jalan dan jembatan Sudin Bina Marga Jakarta Pusat yang berjumlah 122 orang sebagai upaya pencegahan banjir di Jakarta Pusat.

Kasudin Bina Marga Jakarta Pusat Rakim Sastranegara menjelaskan, pihaknya memiliki 262 Satgas yang terbagi di beberapa unit seperti bidang perawatan jalan, jembatan, dan penerangan jalan umum. Dari jumlah Satgas tersebut, petugas yang bertugas merawat jalan dan jembatan termasuk pembersihan rutin terhadap mulut air berjumlah 122 orang.

"Pengurasan sampah dan lumpur di mulut air serta tali air terus kita lakukan rutin setiap hari. Sesuai pengarahan Pak Gubernur, kita harus mencegah genangan sesuai tupoksi masing-masing. Untuk Sudin Bina Marga, kita fokuskan pengurasan tali air dan mulut air itu, agar saat hujan tiba air yang jatuh di aspal dapat mengalir lancar ke dalam saluran," kata Rakim saat dikonfirmasi, Selasa (25/08).

Selain melakukan pengurasan lumpur dan sampah di mulut air, pihaknya juga membuat penambahan mulut air di beberapa titik lokasi rawan genangan air.

"Ada penambahan mulut air di kawasan rawan genangan. Sebenarnya ukuran ideal mulut air sekitar 30cmx15cm. Sampai saat ini, koordinasi dengan Sudin SDA terus berjalan soal pencegahan genangan. Sudin SDA menguras saluran, Sudin Bina Marga memelihara mulut air," katanya.

Rakim juga memastikan, kondisi mesin pompa di empat underpass di Jakarta Pusat dalam kondisi baik. "Tidak ada kendala, perawatan pemanasan mesin tiap dua hari sekali. Pembersihan sumur olakan juga terus kita lakukan. Pompa tersebut berada di underpass Angkasa, Senen, Matraman, dan Dukuh Atas," tutupnya. (As)

 

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait