Sebanyak 29 PMKS Masih Berada di GOR Karet Tengsin

Salah satu PMKS di GOR Tanah Abang. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Adm Jakpus) telah menampung sebanyak 316 PMKS di Gelanggang Olahraga (GOR) Karet Tengsing, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sesuai data per 24  April hingga 5 Mei 2020, PMKS yang terjaring  totalnya 316 orang. Sebayak 239 telah dijemput orang keluarganya, 24 orang disalurkan ke Balai Rehabilitas Eks Gelandangan Pengemis (BRSEGP), satu orang ke Panti Sosial Karya Wanita (PSKW) Mulya Jaya, empat orang dirawat di RS Duren Sawit, satu orang ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2 (PSBIBD) Cipayung, satu orang dikirim ke Panti Bhakti Kasih dan yang meninggalkan lokasi tanpa keterangan sebanyak 17 orang sedangkan sisanya 29 orang masih di GOR.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Sosial Jakarta Pusat, Ngapuli Parangin-angin didampingi Kepala Seksi Rehabilitas Sosial, Hendri menjelaskan, dari data tersebut sebanyak 239 orang sudah dijemput dan dipulangkan kepada pihak keluarga. Mereka yang dipulangkan harus menandatangani surat pernyataan agar tidak kembali lagi di pinggir jalan.

Sementara, lanjutnya, sebanyak 27 PMKS yang tidak memiliki saudara atau keluarga di Jakarta telah di rujuk  di beberapa panti. Sedangkan empat orang PMKS dirawat di RSKD Duren sawit karena mengalami gangguan jiwa.

"Sedangkan 29 orang PMKS yang masih bertahan di GOR Karet Tengsin akan dilakukan pengecekan jika memiliki saudara atau keluarga di Jakarta. Supaya pihak keluarga dapat menjaminnya agar tidak lagi  menggelandang di jalanan," tegasnya, Selasa (5/5).

"Kalau memang ada keluarganya, yah Kita kembalikan, Selain itu juga pihaknya  tetap memberikan makan dan minum," tambah Ngapuli. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait