Sebanyak 350 Meter Kubik Sampah Lumpur Diangkut dari Kali Sentiong

Pengerukan lumpur di Kali Sentiong. Foto: Rif

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat telah melakukan pengerukan sendimen lumpur di sepanjang Kali Sentiong melalui program Grebek Lumpur. Dari pengerukan tersebut 350 meter kubik sampah lumpur diangkut oleh petugas SDA.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengatakan, ini merupakan minggu ketiga Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melaksanakan grebek lumpur di Kali Sentiong, sejak program grebek lumpur dicanangkan Gubernur DKI Jakarta.

"Ada 350 meter kubik lumpur yang telah diangkut oleh petugas Sumber Daya Air. Mudah-mudahan dengan dikeruknya Kali Sentiong dapat mengurangi genangan di wilayah Tanah Tanggi," katanya didampingi Camat Johar Baru, Nurhelmi Safitri dan Lurah Tanah Tinggi, Imron saat memantau pelaksanaan pengerukan di Kali Sentiong, Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, Minggu (1/11).

Lebih lanjut Bayu menjelaskan, program ini akan terus berlanjut sampai Desember 2020, dan disaat musim penghujan di bulan Desember nanti akan dievaluasi kembali  jika masih diperlukan akan dilanjutkan.

Bayu berharap kepada warga masyarakat Johar Baru supaya tetap disiplin, sama-sama saling membantu, saling menjaga untuk tidak membuang sampah ke kali karena kali bukan tempat sampah.

“Jadikanlah kali sebagai serambi bagian depan, yang perlu dijaga kebersihannya sehingga menjadi nyaman, dan enak dipandang," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana SDA Johar Baru, Rudy mengatakan, pengerukan sendimen lumpur di kali Sentiong yang sudah dikerjakan sepanjang 150 meter dan ini dilakukan setiap hari menggunakan ampibi. Sedangkan untuk delta yang ada dikolong jembatan menggunakan manual dengan mengerahkan 20 personil tenaga SDA.

"Pengerukan dilakukan setiap hari, polanya banyak langsir lumpur karena area pengangkutan ke truk hanya bisa dilakukan satu titik tiap segmen, sebab lokasinya sangat sempit," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait