Sekko Jakpus Hadiri Pelantikan Esports DKI Jakarta dan Tingkat Kota

Pelantikan esports. Foto: As

Jakarta Pusat, -- Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin menghadiri Pelantikan Pengurus Esports DKI Jakarta dan Tingkat Kota secara virtual di Ruang Serbaguna Utama Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (16/12) malam.

Olahraga elektronik (juga dikenal sebagai Esports (electronic sports) merupakan suatu istilah untuk kompetisi permainan video multiplayer, umumnya antara para pemain profesional.

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat, Iqbal Akbarudin mengatakan, esports ini memanfaatkan teknologi informasi sebagai sarana berkomunikasi melalui kegiatan berolahraga.

"Mungkin di esports ada berbagai macam cabang olahraga yang dilombakan sehingga menjadi olahraga prestasi yang tahap eksebisi di PON Papua 2021," katanya.

Ia berharap esports ini harus lebih melakukan sosialisasi ke masyarakat, karena banyak momentum kegiatan yang bisa dilakukan terlebih pada masa pandemi.

"Seharusnya esports ini bisa memanfaatkan kegiatan di masa pandemi ini. Contoh pada 17 Agustus-an seperti, lomba catur yang dapat dilakukan secara virtual atau gaple untuk menyemarakan peringatan hari-hari tertentu," harapnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pemuda dan Olahraga, Teddy Cahyono menambahkan, esports ini merupakan salah satu cabang olahraga yang telah diakui di KONI.

"Hari ini merupakan pelantikan pengurus Esports DKI Jakarta dan Tingkat Kota. Mudah-mudahan Setelah pelantikan ini akan ada event yang mereka gulirkan untuk anak-anak muda," ungkapnya.

Esports ini, lanjutnya, merupakan game virtual seperti Mobile Legend atau Player Unknown Battle Grounds (PUBG) yang sudah ada kejuaraan dunianya.

Namun, lanjutnya, esports ini perkembangannya di Indonesia masih tahap eksebisi dan nanti di PON Papua 2021 tur eksebisinya.

"Walaupun dari awal kehadiran esports agak bertentangan dengan devinisinya sports sendiri. Kalau sports menurut UNESCO menggunakan otot-otot besar sementara ini cuman menggunakan dua jari. Faktanya dunia berkembang dengan era digital ini disebut dengan esports sebagai olahraga prestasi," tandasnya. 

 

Kominfotik JP/As

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait