Semarakan Ramadan, Kelurahan Johar Baru Gelar Khataman Al-Qur'an 30 Juz

Khataman Al-Qur'an. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Dalam rangka menyemarakan bulan suci Ramadan 1442 Hijriah, Kelurahan Johar Baru mengadakan Khataman Al-Qur'an 30 Juz.

Kegiatan ini diikuti 26 orang terdiri dari anggota PPSU, ASN, pengelola RPTRA,  anggota PKK, dan Petugas Pendata dan Pendamping Sosial (Pendamsos) yang  berlangsung, di Ruang Pola Kantor Kelurahan Johar Baru, Rabu (28/4).

Lurah Johar Baru Siswanto mengatakan, Kegiatan Khataman Al-Qur’an dilandasi intruksi pimpinan sebagai rangkaian kegiatan Ramadan 1442H/2021M agar disikapi tidak hanya semata sebagai tugas, tapi meningkatkan amal ibadah selama bulan Ramadan terutama melalui membaca Al-Qur’an.

“Khataman Al-Qur’an merupakan amalan baik yang wajib kita laksanakan di dalam mengisi bulan Ramadan," kata Siswanto saat dikonfirmasi.

Lebih lanjut Siswanto menjelaskan, bagi orang yang membaca dan mengkhatamkan Al-Qur’an dengan ikhlas dan kesengguhan, Insya Allah  akan mendapatkan pahala hingga 700 kali lipat sesuai hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan HR Muslim.

"Semua amalan anak Adam akan dilipatgandakan (balasannya), satu kebaikan akan dibalas 10 sampai 700 kali lipat. Allah SWT berfirman; Kecuali puasa, sesungguhnya itu untuk-Ku, dan Aku yang langsung membalasnya. Hamba-Ku telah meninggalkan syawat dan makanannya karena Aku (HR.Muslim)," ungkap Siswanto didampingi Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Johar Baru Lukman Hakim.

Dia menjelaskan, dalam Khataman Al-Qur’an tersebut peserta ada yang membaca satu juz, ada juga yang dua juz. Kegiatan ini dimulai pukul 08.30 sampai 11.00 Wib.

"Ini jadi momentum yang baik dan sebagai penyemangat  bagi yang sudah atau yang belum memulai Khataman Al-Qur’an. Ke depannya lebih ditingkatkan lagi baik dari jumlah ayat maupun dari kualitas pembacaannya," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait