Sudin KPKP Jakpus Akan Kembangkan Padi Hidroponik

PLT Kasudin KPKP Suharini Ellyawati. Foto: As

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat akan mengembangkan teknologi penanaman padi hidroponik.

Hal ini diungkapkan Plt Kasudin KPKP Jakpus, Suharini Ellyawati, saat memanen padi di JP-Farm, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Rabu (10/6).

“Rencananya trobosan padi hidroponik ini akan dilakukan awal Juli mendatang setelah pembenihan padi ciherang. Uji coba sendiri sudah dilakukan Dinas KPKP di pusat pembenihan di Cilangkap,” katanya.

Menurutnya, baru Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Adm Jakpus) yang baru melakukan penerapan padi hidroponik ini.

“Kita akan terapkan padi hidroponik ini di tingkat wilayah kota. Setahu saya belum ada yang akan mengembangkan ini di wilayah. Jakarta Pusat memulainya lebih dulu,” ungkapnya.

Suharini Ellyawati mengatakan, penanaman padi dengan metode hidroponik ini dapat dijadikan solusi dari keterbatasan lahan di Jakarta. Sebab, padi varietas ciherang ini dapat tumbuh di kondisi air yang terbatas.

Ia menambahkan, ditanam dengan metode hidroponik seharusnya masa panen padi ciherang ini lebih cepat dari penanaman di tanah.

“Sebelum tiga bulan sudah bisa dipanen. Karena mengunakan nutrisi Ab Mix dan komposisi hara yang lebih komplit,” paparnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait