Sudin KPKP Jakpus Berkolaborasi dengan Sudin LH Tampung Limbah Kurban

Hewan kurban. Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat (Jakpus) berkolaborasi dengan Sudin Lingkungan Hidup (LH) akan menampung limbah kurban guna mencegah pencemaran lingkungan.

Pelaksana Tugas Kasudin KPKP Jakpus, Suharini Eliawati menerangkan, limbah-limbah kurban pada saat pemotongan hewan ini akan dikumpulkan Dinas LH untuk ditampung.

Menurutnya, selama ini limbah hewan kurban yang dipotong di masjid-masjid ditampung dengan membuat lubang di tanah. Namun, saat ini banyak lokasi masjid yang tidak memiliki lahan yang luas untuk menampung limbah kurban.

"Jadi kita mencoba berkolaborasi dengan Sudin LH untuk menampung darah ataupun rumen isi perut hewan kurban untuk dibawa temen-temen Sudin LH," ungkapnya.

Pengumpulan limbah kurban ini, lanjutnya, akan difokuskan pada tempat-tempat pemotongan hewan yang besar. Seperti masjid-masjid besar yang lokasinya lebih representatif.

"Jadi pengumpulan limbah ini tidak dilakukan per-kecamatan, tapi kita fokuskan di tempat pemotongan yang besar-besar. Karena rencananya tempat pemotongan yang kecil-kecil akan digabung ke lokasi pemotongan yang lebih besar," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait