Sudin KPKP Jakpus Gelar Vaksinasi HPR di RPTRA Guntur

Vaksinasi HPR di RPTRA Guntur. Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar vaksinasi Hewan Penular Rabies (HPR) secara gratis, di RPTRA Guntur, Bendungan Hilir (Benhil), Tanah Abang, Jakarta Pusat (22/2).

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Suku Dinas (Kasudin) KPKP Jakarta Pusat Mujiati mengatakan, pemberian vaksinasi bagi hewan peliharaan ini merupakan agenda rutin dan sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda).

“Kegiatan Ini sesuai Perda DKI Jakarta no 11 tahun 1995 mengenai vaksinasi rabies secara berkala untuk Hewan Penular Rabies (HPR),” ungkapnya.

Mujiati mengungkapkan, sebanyak 24 ekor HPR di RPTRA Guntur, Benhil telah divaksin. “Pada hari pertama vaksinasi di wilayah Kecamatan Tanah Abang ini total hewan yang divaksinasi sebanyak 24 ekor, dengan rincian hewan kucing sebanyak 13 ekor dan anjing 11 ekor,” ujarnya.

Lebih lanjut Mujiati mengatakan bahwa kegiatan vaksinasi ini terus dilakukan dan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat di masa pandemi Covid-19.

“Kita lakukan vaksinasi secara on the spot satu hari untuk satu titik dan lokasinya tidak masuk zona merah Covid-19. Selain itu, kita juga menerapkan protokol kesehatan baik untuk petugas Sudin KPKP maupun warga yang akan memvaksin hewan peliharaannya,” kata Mujiati.

Sementara itu, Untung warga Benhil ini mengaku sangat terbantu dengan adanya vaksinasi gratis ini dari Sudin KPKP Jakarta Pusat.

“Saya tiap tahun ikut memvaksin anjing-anjing peliharaan yang ada di rumah. Dengan adanya vaksin gratis ini, kita tidak perlu jauh-jauh ke dokter hewan,” tuturnya.

Untuk diketahui, vaksinasi di Kecamatan Tanah Abang ini akan berlangsung hingga 18 Maret mendatang. Kelurahan Bendungan Hilir pada 22-23 Februari 2021, Kampung Bali pada 24-25 Februari 2021, Kebon Melati 1-2 Maret 2021, Kebon Kacang 3-4 Maret 2021, Karet Tengsin 8-9 Maret 2021, Petamburan 15-16 Maret 2021, dan Gelora 17-18 Maret 2021. (As)

 

Kominfotik JP/Zak


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait