Sudin KPKP Jakpus Pastikan Kesehatan Hewan Kurban di Delapan Kecamatan

Sudin KPKP melakukan pemeriksaan di lokasi penjualan hewan kurban, di Jalan Kramat Pulo, Senen, Jakarta Pusat. Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat (Jakpus) memastikan kesehatan hewan kurban dengan melakukan pemeriksaan hewan di lokasi penjualan hewan kurban di delapan kecamatan.

Plt Kasudin KPKP Jakpus, Suharini Eliawati mengatakan akan memastikan kesehatan hewan kurban di delapan kecamatan. Namun, saat ini lokasi penjualan hewan kurban di Jakpus baru tersedia di Jalan Kramat Pulo, Kecamatan Senen. Sementara lokasi di kecamatan lainnya belum tersedia.

“Di Jakarta Pusat itu, biasanya penjual baru mulai ramai di H-14 Idul Adha. Ini yang lokasi pertama yang kita periksa kesehatan hewannya di Kecamatan Senen,” terangnya, di Jalan Kramat Pulo, Senen, Jakarta Pusat, Jumat (10/7).

Suharini memaparkan, kondisi kesehatan hewan di lokasi penjualan hewan kurban yang masuk dalam kategori sehat suhu tubuhnya harus dikisaran 38 sampai 39 drajat celcius, umurnya hewan yang dikurbankan harus cukup, kondisi tubuh hewan harus sempurna tidak cacat, mata harus bersinar, dan kulitnya bagus.

“Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, kita juga memberikan vitamin bagi hewan-hewan ini. Karena hewan ini dikirim dari Jawa butuh waktu sembilan jam perjalanan, pasti kelelahan dan dehidrasi. Makanya tadi ada kambing yang sempat gemetar karena dehidrasi, itu pun sudah kami berikan perawatan,” terangnya.

Nantinya, lanjut Suharini, pihaknya akan melakukan pemeriksaan antraks pada 13 sampai 15 Juli 2020 mendatang di lokasi penjualan hewan kurban di delapan kecamatan. 

"Sementara tanggal 20 Juli 2020 akan mengerahkan 31 petugas kesehatan yang disebar di tempat penampungan hewan kurban untuk memeriksa seluruh penampungan hewan kurban di wilayah Jakpus," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait