Sudin KPKP Jakpus Periksa Kualitas Pangan di Pasar Tradisional

Sudin KPKP Jakpus periksa kualitas bpangan di pasar tradisional. Foto: Day

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat memeriksa kualitas pangan di beberapa pasar tradisional, guna memberikan rasa aman dan nyaman terhadap warga masyarakat yang akan berbelanja.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas (Kasudin) KPKP Jakarta Pusat, Suharini Eliawati mengatakan, selama diberlakukannya pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di DKI Jakarta dan bertepatan dengan datangnya Bulan Suci Ramadan pihaknya telah melakukan monitoring dan pengawasan terhadap kualitas produk pangan di empat pasar tradisional yaitu, di Pasar Senen, Pasar  Atom, Pasar Kenari, dan Pasar Bendungan Hilir.

"Dari hasil monitoring tidak ditemukan kandungan bahan berbahaya. Sampel yang diambil adalah produk segar dari pertanian, peternakan, dan perikanan seperti daging sapi, ayam, ikan buah-buahan di empat pasar tradisional itu, jelasnya saat dikonfirmasi, Senin (11/5).

Lebih lanjut Suharini menerangkan, monitoring kualitas pangan dilakukan dalam dua minggu sekali dengan menerapkan physical distancing. Saat pengambilan sampel produk pangan petugas menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker dan sarung tangan.

Suharini mengungkapkan, sampel produk pangan yang diambil di masing-masing pasar selanjutnya diuji di laboratorium perikanan di kawasan Pluit Jakarta Utara, laboratorium pertanian di Cibubur Jakarta Timur, dan laboratorium kesehatan masyarakat veteriner di Bambu Apus Jakarta Timur.

"Pengambilan sempel produk pangan dilakukan secara acak di pasar-pasar dan langsung kita bawa ke laboratorium untuk diperiksa lebih lanjut," ungkapnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait