Sudin Pusip Jakpus Gelar Seminar Keletihan Mental di Masa Pandemi Covid-19

Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat, Meti Lastri. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Pusat mengelar seminar tentang Burnout atau Keletihan Mental di Masa Pandemi Covid-19 yang disiarkan secara langsung melalui instagram sudinpusip.jakpus dan terbuka untuk umum bagi seluruh masyarakat Jakarta.

Kepala Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat, Meti Lastri mengatakan, dalam rangka Hari Kesehatan Mental sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober 2020 mendatang akan menggelar diskusi membahas tentang Burnout atau keletihan mental secara langsung melalui Instagram (IG).

Menurutnya, kegiatan seminar tentang Burnout Sudin Pusip Jakpus menggandeng narasumber yang andal dalam bidangnya yaitu seorang Student Counselor, Fatimah Muthahirah.

"Nanti ibu Fatimah yang akan menjelaskan apa itu Burnout, apa gejala dan penyebabnya, kita akan tahu semua di sini," kata Meti Lastri saat dikonfirmasi, Jumat (9/10) sore.

Ia berharap kesadaran akan kesehatan mental di lingkungan kerja semakin meningkat serta bagi orang-orang yang merasakan gejala-gejala tersebut bisa mengenalinya dengan cepat dan segera berkonsultasi dengan orang yang profesional di bidangnya.

Sementara itu, Fatimah Muthahirah mengatakan, Burnout Syndrome adalah salah satu kondisi stres yang berhubungan dengan pekerjaan. Itu sebabnya, kondisi kesehatan ini juga dikenal sebagai accupational burnout atau job burnout.

Lebih lanjut Ia menjelaskan, masa pandemi Covid-19 banyak para pegawai swasta maupun pemerintah yang bekerja dari rumah. Ini bisa membuat pegawai tersebut menjadi stres berat, karena jam yang tidak beraturan, kondisi ini disebut dengan istilah burnout.

“Ada beberapa cara untuk mengatasi burnout di antaranya yaitu kelilingi diri dengan energi positif, beri batasan yang jelas pada diri kita, meditasi, tenang, dan berusaha rileks," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait