Sudinkes Jakpus Tangani Stunting Lewat Intervensi Spesifik

Kasudin Kesehatan Erizon Safari. Foto: dok As

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) akan melakukan penanganan stunting melalui intervensi spesifik.

Kasudin Kesehatan Jakpus Erizon Safari menerangkan, intervensi spesifik ini merupakan penanganan yang dilakukan Sudin Kesehatan dalam rangka intervensi dan penurunan stunting lintas sektoral. Sementara Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain melakukan intervensi sensitif.

“Sudinkes dan Puskesmas berperan dalam intervensi spesifik, sementara OPD lain dan pemangku wilayah dalam ranah intervensi sensitif,” terangnya di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang l Gambir, Jumat (19/2).

Erizon menambahkan, intervensi spesifik yang dilakukan Sudinkes Jakpus ini di antaranya melalui suplemen penambah darah, pemberian edukasi terkait makanan sehat dan bergizi tinggi, skrining kesehatan, pelayanan posyandu, dan lain-lain.

Sementara, kata Erizon, untuk intervensi sensitif yang dilakukan OPD lain berkaitan dengan sanitasi lingkungan, peningkatan sosial ekonomi masyarakat, dan lain-lain.

“Penangulangan stunting adalah program nasional dan DKI Jakarta masih ditemukan adanya kasus stunting sehingga pencegahannya menjadi tangung jawab bersama OPD terkait,” bebernya.

“Anak yang mengalami stunting tentunya akan mempengaruhi kualitas penerus bangsa ke depannya sehingga harus ada upaya pencegahan,” tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait