Terapkan Sistem Vertiminaponik, Pengelola RPTRA Karang Anyar Panen Ikan Lele dan Kangkung

Panen Ikan Lele di RPTRA Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Pokja III RPTRA Karang Anyar yang membidangi Sandang, Pangan, dan Tata Laksana Rumah Tangga menggelar panen Ikan Lele dan Sayur Kangkung di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Karang Anyar, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (21/02).

Anggota Pokja III RPTRA Karang Anyar Apit mengatakan, panen ini merupakan hasil dari penerapan sistem Vertiminaponik (kombinasi antara budidaya ikan dan sayuran).

“Sistem kerja Vertiminaponik ini melalui air dari kolam ikan naik ke atas menggunakan mesin waterfarm (pertanian air). Nanti air dari kolam lele tersaring beberapa kali dan akan menjadi nutrisi untuk tanaman kangkung di atasnya. Sehingga tanaman kangkung tidak perlu disiram air lagi,” jelasnya.

Kegiatan panen ini, Apit menjelaskan, berhasil memanen ikan lele sebanyak 4,1 Kg dan sayur kangkung sebanyak 1,5 Kg.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Sawah Besar Avadhina Widyawati juga menyebutkan bahwa warga sekitar juga bisa membeli hasil panen kali ini.

“Pemasukan dari penjualan lele dan kangkung akan dimasukkan ke dalam kas untuk pembelian bibit selanjutnya,” ungkapnya didampingi, Ketua TP PKK Kelurahan Karang Anyar Rahayu, dan Kasatlak KPKP Kecamatan Sawah Besar Anet.

Di tempat yang sama, Wakil Camat Sawah Besar Devi Riana Sumanthi mengapresiasi kegiatan panen ini dan berharap agar diikuti oleh RPTRA lainnya di wilayah Kecamatan Sawah Besar.

“Untuk pengelola RPTRA supaya lebih semangat lagi, semakin ditingkatkan, dan untuk panen ke depannya semoga bisa dua kali lipat,” tandasnya. (As)

Kominfotik JP/FP


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait