Terdampak Covid 19, Anies Minta SKPD Buat Ranking Prioritas

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Foto: Rif

Jakarta Pusat, -- Akibat penanganan Corona Virus Desease (Covid 19) yang berdampak bagi pertumbuhan ekonomi dunia termasuk Indonesia dan Jakarta. Gubernur DKI Jakarta meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) membuat ranking prioritas kegiatan dari hasil Musrenbang 2020.

Hal ini diungkapkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memberikan arahan dalam pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kota secara virtual, Rabu (8/4).

Anies menjelaskan, disamping membutuhkan pertumbuhan berkualitas, Jakarta menghadapi dampak pertumbuhan ekonomi dunia dan domestik yang diproyeksikan lebih rendah dari tahun sebelumnya akibat penanganan wabah global Covid 19. Sehingga, pihaknya mengharapkan jajaran SKPD yang ada dapat memberikan ranking prioritas kegiatan dari hasil Musrenbang 2020.

"Jadi berikan porsi prioritas mana yang harus kita kerjakan karena mempunyai efek yang cukup besar," ungkapnya.

Meski demikian, Anies mengingatkan jangan sampai tiga pelayanan dasar untuk masyarakat seperti kesehatan, pendidikan, dan kebutuhan pangan terganggu.

Ia juga menyebutkan, dampak Covid 19 akan menurunkan Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun pihaknya menekankan seluruh jajaran SKPD harus tetap optimis terhadap pertumbungan ekonomi dan pembangunan yang ada di Jakarta. Sebab masih ada harapan pertumbuhan ekonomi dari siklus konsumsi domestik masyarakat.

"Kebutuhan akan pangan di Jakarta tinggi, artinya konsumsi domestik dari setiap RT yang ada akan menjadi peluang pertumbuhan ekonomi kedepan. Ini yang harus kita dorong," jelasnya. (As)

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait