Tim Gabungan Lakukan Pertolongan Kesehatan Terhadap PPKS

PPKS sedang diberikan pertolongan kesehatan. Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Tim gabungan melakukan pertolongan kesehatan terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang tengah sakit, di wilayah Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Senin (19/4).

Kolaborasi tim gabungan ini terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kelurahan Senen, Satuan Tugas (Satgas) Pelayanan Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Sudin Sosial Jakarta Pusat serta tenaga kesehatan Unit Reaksi Cepat (URC) dari Ambulans Gawat Darurat (AGD) Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta yang langsung melakukan pertolongan bagi PPKS di wilayah Pasar Senen.

PPKS pria itu tengah berbaring beralaskan spanduk dan karton di pinggiran jalan, yang terlihat sangat ringkih dan sakit.

Peristiwa pertolongan tersebut berawal dari Satgas P3S Sudin Sosial Kota Administrasi Jakarta Pusat yang menerima laporan dari Satpol PP Kelurahan Senen bahwa terdapat PPKS yang tengah membutuhkan pertolongan kesehatan.

“Kami tadi lagi standby di posko, lantas dapat perintah untuk menjangkau PPKS yang diduga tengah sakit, langsung kami berempat meluncur ke lokasi,” ungkap Satgas P3S Sudin Sosial Jakarta Pusat Kemal.

Lebih lanjut Kemal menuturkan, setibanya di lokasi, Satgas P3S langsung mengecek keadaan PPKS yang dituju sambil menggali informasi data diri.

“Namanya Jahuri, usianya 44 tahun, tidak punya tempat tinggal yang tetap. Pas kita datengin kondisinya lemas, badanya panas juga,” ungkapnya.

Melihat kondisi yang seperti ini, Satgas P3S langsung berkoordinasi dengan URC AGD Dinkes Provinsi DKI Jakarta.

Selang beberapa menit, Tenaga Kesehatan URC AGD Dinkes Provinsi DKI Jakarta tiba di lokasi dan langsung melakukan pertolongan pertama dengan memberikan infus serta oksigen.

“Badannya lemas, katanya sudah dua hari tidak makan, nafasnya juga sesak, dan tensi darahnya rendah,” ungkap Tenaga Kesehatan dari URC AGD Dinkes Provinsi DKI Jakarta Prabowo Wisnu.

Dirasa perlu pertolongan lebih lanjut, akhirnya Prabowo meminta ambulans untuk segera menjemput sebagai langkah pertolongan selanjutnya.

“Sesuai Standar Operasional (SOP) kita periksa dulu, kalo emang butuh penanganan lebih lanjut ada ambulans yang siap mengantar ke rumah sakit terdekat milik pemerintah. Kita akan rujuk PPKS ini ke RS Tarakan, Jakarta Pusat,” jelasnya.

Untuk diketahui, nantinya setelah PPKS ini pulih, akan ditempatkan di Panti Sosial Kedoya dan akan mendapatkan pelayanan lebih lanjut.

Layanan kesehatan dari AGD Dinkes DKI Jakarta juga bisa diakses melalui telepon di 119 atau 112 dan gratis tanpa dipungut biaya bagi warga yang sangat membutuhkan bantuan pertolongan. (As)

 

Kominfotik JP/Zak


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait