Uji Coba Penataan Operasional di Stasiun Senen Wujudkan Intergrasi Moda Angkutan Jalan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan uji coba penataan operasional di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (3/6). Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Setelah Stasiun Tanah Abang, hari ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan uji coba penataan operasional di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Rabu (3/6).

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, ada kegiatan utama yang mewujudkan intergrasi antara moda kereta api dengan moda angkutan jalan.

“Saat ini sudah ada intergrasi moda kereta api dengan Transjakarta yang melayani tiga rute di sisi utara. Maju sedikit kearah selatan ada tempat lokasi penurunan dan pengambilan penumpang (drop off-pick up) Ojol, lalu ada lokasi parkir bajay, dan ada Plaza Pendestrian,” jelasnya, didampingi Asisten Pembangunan dan perekonomian Kota Administrasi Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting.

Menurut Syafrin, Plaza Pendestrian di Stasiun Pasar Senen ini telah ditata secara menyeluruh bagi pejalan kaki dengan mengedepankan keselamatan, kenyamanan, dan keamanan bagi para pengguna menuju moda trasportasi lanjutan.

Ia mengungkapkan, pelaksanaan uji coba ini dimaksudkan untuk mengevaluasi dan memonitor konsep integrasi antar moda yang menjadi tujuan penataan kawasan stasiun.

"Seperti kita ketahui, tujuan utama penataan adalah mengintegrasikan seluruh moda yang ada di kawasan stasiun sehingga pergerakan penumpang menerus baik dari kereta api ke angkutan lanjutan ataupun sebaliknya dari angkutan lanjutan ke kereta api,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Syafrin, juga dilakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas agar lalu lintas di sekitar stasiun lebih lancar.

Seperti diketahui, penataan kawasan stasiun ini merupakan langkah awal perwujudan penyelenggaraan transportasi terintegrasi antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta. Penataan dilakukan dengan mengedepankan aspek keselamatan, keamanan, dan kenyamanan masyarakat dalam bertransportasi.

 

Kominfotik JP/As


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait