Vaksinasi Lansia se-Kelurahan Kenari Mendekati 100 Persen

Lurah Kenari Ojoh Juhariyah. Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Program vaksinasi bagi orang lanjut usia (lansia) di beberapa kelurahan di Jakarta Pusat mulai memasuki tahap akhir. Termasuk di Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Program vaksinasi lansia di wilayah ini mendekati jumlah keseluruhan.

Lurah Kenari Ojoh Juhariyah dalam keterangannya menjelaskan, vaksinasi lansia di Kelurahan Kenari awalnya sempat mengalami kesulitan. Namun seiring berjalannya waktu, vaksinasi di wilayahnya mendekati angka 100 persen.

"Alhamdulillah kita mencapai kurang lebih 97 persen lansia bisa divaksin," ungkap Ojoh usai meninjau vaksinasi lansia tahap 2, di RPTRA MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (26/4).

Kemudian untuk mencapai target 100 persen, Ojoh tetap berupaya semaksimal mungkin hingga seluruh lansia di wilayahnya mendapatkan vaksin.

"Mungkin kalau target 100 persen kita sambil berjalan secepatnya, tapi kalau dibilang 100 persen mungkin kitanya sudah 100 persen. Namun kan ada yang sakit sehingga tidak tidak akan mencapai 100 persen dengan dihitung dari yang sakit itu," ungkap Ojoh.

Sementara itu, Dokter Umum Puskesmas Kelurahan Kenari Ambiyo menerangkan bahwa pihaknya tidak bisa memberikan vaksin kepada lansia yang sedang sakit. Ada persyaratan khusus yang harus dilakukan.

"Kalaupun memang mau divaksin, butuh surat keterangan dari dokter spesialisnya untuk divaksin," tuturnya.

Dia juga mengaku bahwa selalu ikut terjun kelapangan bekerja sama dengan lurah, Babinsa, Babinkamtibmas, dan elemen masyarakat lainnya untuk mengajak lansia agar mau divaksin.

"Satu persatu kita ketuk pintunya agar bersedia divaksin, kemudian kita berikan penjelasan tentang manfaat vaksinasi Covid-19 bagi lansia," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/FP


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait