Wakil Wali Kota Hadiri Tasyakuran Milad Ikatan Donor Darah Sukarela

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi saat memberikan sambutan dalam tasyakuran milad IDDS. Foto: Git

Jakarta Pusat, -- Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi menghadiri tasyakuran milad Ikatan Donor Darah Sukarela (IDDS) yang memasuki usia dua tahun, di Ruang Serbaguna Utama, Gedung PMI DKI Jakarta, Sabtu (6/3).

Pada kesempatan ini Irwandi mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat mendukung setiap program kemanusian IDDS.

"Kami akan mendukung kegiatan IDDS untuk kemanusiaan. Siapapun yang ingin melakukan kegiatan donor darah di wilayah Jakarta Pusat kami siap membantu. Yang penting PMI DKI Jakarta dapat darah untuk kepentingan masyarakat, terlebih sebentar lagi memasuki bulan Ramadan dan akan sulit mendapatkan darah," jelas Irwandi.

Di tempat yang sama, Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi mengatakan agar IDDS tetap konsisten melaksanakan kegiatan kemanusian, kegiatan donor darah, dan kegiatan memutus mata rantai Covid-19 di DKI Jakarta.

"Memasuki usia dua tahun ini semoga IDDS terus tumbuh dan berkembang menjadi organisasi relawan yang benar-benar bermanfaat untuk masyarakat, bukan hanya masyarakat Jakarta saja tetapi juga untuk masyarakat Indonesia," katanya.

Rustam mengaku PMI sangat terbantu dengan adanya komunitas, organisasi relawan seperti ini, apalagi di masa pandemi Covid-19.

"Sebelum pandemi jumlah pendonor yang datang di PMI DKI Jakarta mencapai 300 hingga 350 orang perhari, namun begitu pandemi jumlah pendonor menurun menjadi 150 orang perharinya. Sedangkan kebutuhan darah untuk Jakarta 1.000 sampai 1.200 kantong darah perhari. Makanya setiap hari harus ada stok darah," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum IDDS Endang Surya menambahkan, IDDS ini adalah para alumni yang telah melakukan donor darahnya lebih dari 100 kali.

Selain melakukan donor darah, IDDS juga melakukan aktivitas lain seperti, penyemprotan cairan disinfektan, pemberian masker yang ada di lima wilayah DKI Jakarta, dan kabupaten.

"Kegiatan milad kedua tahun pada hari ini IDDS juga melaksanakan bakti sosial donor darah yang diikuti para relawan. Dengan target 150 pendonor, Insyaalah ini akan tercapai," ungkap Endang Surya.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada PMI DKI Jakarta dan Pemerintah Kota yang telah memfasilitasi kegiatan ini.

"Saya selaku pengurus IDDS Pusat menguncapkan banyak terima kasih kepada PMI DKI Jakarta dan Pemerintah Kota yang telah memfasilitasi kegiatan ini," tuturnya.

Pada tasyakuran milad IDDS kedua tahun selain bakti sosial donor darah juga memberikan santunan bagi anak yatim yang secara simbolis diberikan Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwandi dan Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi. (As)

 

Kominfotik JP/Day

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait