Wakil Wali Kota Pantau Pengurasan Saluran Penghubung Kali Baru Timur

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi (kiri) memantau pengurasan saluran di PHB Kali Baru Timur. Foto: Lik

Jakarta Pusat, -- Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Irwandi minta kepada Camat Senen dan Lurah Bungur, agar segera membuat surat edaran yang ditujukan kepada pemilik bangunan supaya membongkar sendiri bangunnya yang menjorok ke badan saluran PHB Kali Baru Timur atau Poncol, Kelurahan Bungur, Senen, Jakarta Pusat.

“Saya minta camat dan lurah agar segera membuat surat edaran, kepada pemilik bangunan supaya membongkar sendiri bangunnya yang menjorok ke badan saluran PHB Kali Baru Timur (Poncol), ucap Irwandi didampingi Plt Lurah Bungur, Irhsan dan Wakil Camat Senen, Zahrul Wildan saat memantau pengurasan saluran Penghubung Kali Baru Timur, Minggu (25/10).

Lebih lanjut Irwandi mengatakan, banyak bangunan kios bagian belakangnya menjorok ke badan saluran PHB atau melewati turap 50 cm sampai 2 meter sehingga menyulitkan petugas Sumber Daya Air (SDA) melakukan pengurasan.

"Saya minta kepada pemilik bangunan kios supaya mengembalikan fungsi saluran PHB dengan membongkar sendiri bangunannya dan sejajarkan dengan turap agar fungsi saluran kembali normal dan saluran akan lancar sehingga dapat mengantisipasi banjir atau genangan di wilayah Bungur. Selain itu memudahkan petugas SDA melakukan pengurasan," jelas Irwandi.

Irwandi berharap setelah diberikan surat edaran dan disosialisasikan oleh camat dan lurah, pemilik bangunan kios dapat segera membongkar sendiri bangunannya dan dapat mendukung program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

"Jika pemilik bangunan kios tidak mengindahkan, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat yang akan membongkar," tegasnya.

Sementara itu, Plt Lurah Bungur, Irshan mengatakan, akan segera menindaklanjuti perintah Wakil Wali Kota Jakarta Pusat dengan membuat surat edaran dan memberikan sosialisasi kepada pemilik bangunan kios di sepanjang saluran PHB Kali Baru Timur atau Poncol.

"Bangunan yang berdiri di bantaran saluran penghubung dan menjorok ke badan saluran jumlahnya kurang lebih ada 70 kios. Nanti kita akan berikan surat edaran dan mensosialisasikannya kepada para pemilik kios,'' kata Irshan.

Di tempat yang sama, Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Senen, M. Rohman menambahkan, pengurasan saluran PHB Kali Baru Timur atau Kali Poncol di Jalan Kali Baru Timur, Kelurahan Bungur segmen pengurasan mulai dari belakang Pos RW 07 Bungur sampai Jalan Kali Baru Timur 3 panjangnya 246 meter dimensi 3m x 3m dengan ketebalan lumpur 50 cm.

"Pekerjaan dimulai 12 Oktober 2020, progressnya sampai saat ini mencapai 26 persen dengan mengerahkan 23 orang petugas SDA Kecamatan Senen, diperkirakan akan selesai dalam enam minggu. Dari Pekerjaan tersebut sampah lumpur yang sudah diangkut diperkirakan sebanyak 6.000 karung, ungkapnya. (As)

 

Kominfotik JP/Day

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait