Wali Kota Jakpus Minta Masyarakat Lakukan Pemotongan Hewan Kurban di RPH

Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Menghantara. Foto:Lik

Jakarta Pusat, -- Masyarakat Jakarta Pusat yang ingin berkurban di masa pandemi Covid-19 disarankan agar melakukan pemotongan hewan di Rumah Potong Hewan (RPH).

Hal ini diungkapkan Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Menghantara saat ditemui di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (21/7).

"Harapan kami dilakukan di RPH," ucap Bayu.

Menurut Bayu, pemotongan hewan kurban di RPH merupakan antisipasi dari aspek kesehatan. Apabila pemotongan kurban dilakukan di RPH maka daging kurban yang nantinya dibagikan kepada masyarakat pun dipastikan dalam kondisi yang higienis dan penanganannya sudah sesuai standar kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Meski demikian, lanjut Bayu, tidak ada larangan bagi masyarakat untuk melakukan pemotongan hewan kurban di masjid-masjid seperti tradisi yang biasa dilakukan selama Idul Adha.

"Nah, potong (hewan kurban) di masjid boleh, asal prosedurnya benar. Salah satunya menyiapkan lubang untuk pembuangan darah, jangan sampai di buat ke saluran air. Ini yang harus di antisipasi. Kami juga sudah imbau kepada lurah untuk mensosialiasikan itu," kata Bayu.

Bayu menambahkan, untuk bagi para petugas pemotongan hewan kurban selama pandemi ini diharapkan menggunakan alat-alat yang telah disterilisasi agar tidak ada kuman atau pun virus yang menempel pada daging kurban. (As)

 

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait