Warga dan Pasukan Pelangi Bersama Kerja Bakti di RW 15 Kelurahan Kebon Melati

Warga dan petugas gotong royong mengangkut sampah di Kali Krukut. Foto: As

Jakarta Pusat, -- Kecamatan Tanah Abang melaksanakan giat kerja bakti di sepanjang Kali Krukut bersama warga RW 15, Kelurahan Kebon Melati, Jakarta Pusat, Minggu (8/11).

Sebelum melakukan kerja bakti diadakan apel dengan pasukan Pelangi (Oranye, Biru, Hijau, Kuning, dan Ungu) di Kantor Kecamatan Tanah Abang, yang di pimpin langsung Camat Tanah Abang, M Yassin didampingi Lurah Kebon Melati, Winetrin, dan para jajaran terkait.

Setelah menadapat arahan dari Camat Tanah Abang ratusan pasukan pelangi langsung meluncur ke RW 15, Kelurahan Kebon Melati.

Camat Tanah Abang, M Yassin mengatakan, kerja bakti yang di fokuskan di anak Kali Krukut ini dalam rangka memasuki musim penghujan.

"Kerja bakti ini dalam rangka antisipasi banjir yang sebentar lagi memasuki musim penghujan," katanya.

Menurutnya, selai para petugas dari tingkat kecamatan warga juga diikut sertakan, karena bagaimanapun warga masyarakat harus memiliki tanggung jawab terutama yang tinggal di pesisir Kali Krukut tersebut.

"Dengan kerja bakti ini mudah-mudahan wilayah Kecamatan Tanah Abang sudah siap dalam memasuki musim penghujan terutama mengantisipasi genangan," tegasnya.

Dalam kerja bakti ini para petugas juga diimbau untuk mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana (Kasetpel) Kecamatan Tanah Abang, Eli Menawan Sari mengungkapkan, kerja bakti di Kali Krukut ini mendatangkan tiga dump truk yang satu truknya bisa mengangkut lima kubik sampah.

"Kendaran tersebut nanti untuk mengangkut karung sampah hasil kurasan di Kali Krukut dan menerjunkan 50 petugas SDA," ungkapnya.

Menurutnya karena lokasi RW 15 ini tidak dapat dilalui kendaraan berat sehingga pengurasan dikerjakan melalui manual oleh para Satgas SDA.

"SDA Kecamatan Tanah Abang rutin dalam melakukan pengurasan kali, semoga dengan dilaksanakan kerja bakti ini tidak terjadi genangan saat musim penghujan tiba," jelasnya.

Di tempat yang sama, Eka (28) warga RW 15, Kelurahan Kebon Melati mengaku senang dengan adanya kerja bakti antara para petugas kecamatan dan warga, sehingga wilayah ini cepat bersih.

"Saya senang melakukan kerja bakti ini karena warga dibantu petugas dari kecamatan sehingga cepat bersih. Semoga saat musim hujan nanti tidak terjadi genangan," katanya.

Selain para petugas Pelangi peserta kerja bakti juga datang dari Polsek Tanah Abang, dan Koramil Tanah Abang. 

 

 Kominfotik JP/As


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait