Besok, Sudin KPKP Jakpus Gelar Pelatihan Budidaya Ikan Cupang Secara Daring

Ikan Cupang. Foto: As

Jakarta Pusat, -- Jakprenur binaan Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian Jakarta Pusat (Jakpus) berkolaborasi dengan Yayasan Wira Daya Inovasi menggelar pelatihan budidaya ikan cupang secara daring.

Plt Kasudin KPKP Jakpus, Suharini Elliawati menerangkan, pelatihan ini akan diadakan pada Rabu (23/9) pukul 10.00 sampai 12.00 WIB. Pesertanya terdiri dari masyarakat umum, pelaku usaha, PKK, ASN, serta para pegiat gang hijau.

Menurutnya, pelatihan ini diadakan guna memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi para peserta mengenai budidaya ikan cupang di lahan perkotaan.

"Harapannya pelatihan budidaya ikan cupang ini dapat menyerap tenaga kerja dan meningkatkan pendapatan keluarga di masa pandemi Covid-19," ungkapnya saat dikonfirmasi Selasa (22/9).

Ia juga memaparkan, pemilihan ikan cupang sebagai materi pelatihan ini didasari kelebihan budidaya ikan cupang sendiri yang lebih mudah, sederhana, dan ekonomis dibanding ikan hias lainnya.

Suharini menambahkan, warga yang ingin membudidayakan ikan cupang ini dapat memanfatkan botol bekas, toples bening, pot kaca, dan sebagainya sebagai media.

"Budidaya ikan ini sangat mudah dan ekonomis karena tidak membutuhkan tenaga listrik, serta kebutuhan air yang minim. Sehingga ikan cupang ini sangat cocok dikembangkan untuk ekologi perkotaan," tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait