Cerita Sukses Kue Sus Kaka Jakpreneur Binaan Sudin PPAPP Jadi Tema Pelatihan

Pelatihan Jakpreneur virtual berupa kisah sukses pewirausaha kue sus. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Sudin Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar pelatihan Jakpreneur virtual berupa kisah sukses pewirausaha Kue Sus Kaka yang merupakan salah satu Jakpreneur sukses binaan Sudin PPAPP yang berhasil mengembangkan usahanya.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat, Sudin PPAPP Jakpus, Bangun Manalu menerangkan pelatihan Jakpreneur kali ini menekankan pada pelatihan softskill yang harus dimiliki para Jakpreneur binaan Sudin PPAPP dalam mengembangkan usahanya. Sehingga, dalam pelatihan ini narasumber yang dihadirkan menceritakan bagaimana ia memulai usahanya hingga sukses sampai saat ini.

"Narasumbernya merupakan Jakpreneur binaan sudin PPAPP Irnal Jurnal Akbar pemilik Kue Sus Kaka yang viral, yang menjadi langanan para artis," ungkapnya saat dikonfirmasi, Jumat (25/9).

Bangun menegaskan, meski pelatihan ini menghadirkan pemilik Kue Sus, namun pelatihan ini bukan untuk membuat peserta terampil membuat kue. Tapi untuk memberikan gambaran bagaimana cara Jakpreneur binaan ini menentukan harga, memasarkan produk, dan menjual produk. Serta menghitung semua biaya produksi bahan, maupun tenaga untuk membuat produk.

"Ini succes story bagaimana dia memulai usahanya dari tahun 2003 dengan berbagai macam jenis usaha sebelum menjual Kue Sus Kaka. Kemudian bergabung jadi binaan kita tahun 2019, di tahun 2020 dia bisa sukses. Jadi umur usaha itu tidak pendek, jakprenyeur binaan harus mencontohnya agar tidak pantang mundur,'' tegasnya.

Pelatihan Jakpreneur ini, lanjut Bagun, diikuti sebanyak 50 peserta, 20 peserta di antaranya merupakan Jakpreneur binaan dari delapan kecamatan yang sudah memasuki tahapan kurasi. Sementata 30 peserta lainnya merupakan peserta umum dari kader dasawisma, PKK dan pengelola RPTRA. Ke depan, pihaknya berencana membuat pelatihan sejenis dengan menghadirkan para Jakpreneur sukses binaan Sudin PPAPP dari kecamatan lain.

"Ini pertama kali diadakan, tujuannya  untuk menunjang KSD Gubernur DKI Jakarta terkait pembinaan usaha di masa pandemi, bagaimana menjadi wirausaha yang tahan banting, dan bagaimana menjadi wirausaha sukses dari cerita sukses wirausaha lainnya,"  tandasnya. (As)

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait